Berita Bekasi Nomor Satu

Banyak Sekolah Swasta Belum Penuhi Kuota Siswa

SMK Bistek Kota Bekasi
BERI PENJELASAN: Panitia PPDB SMK Bistek Kota Bekasi memberikan penjelasan mengenai jurusan kepada calon siswa baru. ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Banyak sekolah swasta di wilayah Bekasi yang belum memenuhi kuota atau daya tampung siswa pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2021.

Sekretaris Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) Kota Bekasi Ayung Sardi Dauly menyampaikan, capaian penerimaan siswa baru di sekolah swasta berbeda-beda.

“Beragam, ada yang sudah memenuhi kuota dan ada yang masih kurang,” ujar Ayung kepada Radar Bekasi Selasa, (20/7).

Ia menjelaskan, jika diambil rata-rata penerimaan siswa baru, baik di tingkat SD, SMP, SMA dan SMK swasta, secara persentase baru mencapai angka 50 persen.

“Kalo diambil rata-rata secara keseluruhan masih 50 persen,” jelasnya.

Rencananya, BMPS Kota Bekasi akan melakukan diskusi internal terkait masih banyaknya bangku kosong yang tersedia di seluruh jenjang satuan pendidikan swasta.

“Kita akan melakukan koordinasi dulu bersama dengan BMPS, kenapa masih banyak sekolah swasta yang masih kosong sampai saat ini,” katanya.

Pelaksana tugas (Plt) BMPS Kabupaten Bekasi Abdul Aziz mengungkapkan, bahwa penerimaan peserta didik baru di tingkat SMP tahun ini mengalami penurunan.

“SMP rata-rata berkurang untuk penerimaan siswa baru,” jelasnya.

Demikian juga di tingkat SD, SMA, dan SMK dan SD. Namun secara persentase, pihaknya belum dapat menyampaikan lantaran masih ada beberapa sekolah yang belum memberikan hasil laporannya.

“Belum bisa dirata-ratakan persentasenya, karena masih ada yang belum laporan,” terangnya.

Ia juga belum dapat menyampaikan, target penerimaan siswa baru di masing-masing sekolah dapat terpenuhi. “Kita belum bisa lihat ya kapan akan bisa terpenuhi, karena persentasenya masih landai baik untuk tingkat SD, SMP maupun SMA juga SMK,” pungkasnya. (dew)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin