Berita Bekasi Nomor Satu

Lakukan Pemilihan Secara Daring

KREATIF: Panitia pemilihan RW 09  Kelurahan Harapan Baru, Kecamatan Bekasi Utara Kota Bekasi ketika melakukan pemilihan Ketua RW baru secara daring. AHMAD PAIRUDZ/RADAR BEKASI
KREATIF: Panitia pemilihan RW 09  Kelurahan Harapan Baru, Kecamatan Bekasi Utara Kota Bekasi ketika melakukan pemilihan Ketua RW baru secara daring. AHMAD PAIRUDZ/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Di tengah pandemi Covid-19 dengan berbagai aktivitas serba terbatas, tak menghambat kreativitas warga di pemukiman untuk berinovasi.
Ya guna mencegah penyebaran Covid-19, pesta demokrasi berupa pemilihan Ketua Rukun Warga (RW) dilakukan secara daring.

Langkah itu dilakukan panitia pemilihan RW 09, Kelurahan Harapan Baru, Kecamatan Bekasi Utara Kota Bekasi.

Ketua Panitia Pemilihan, Imam Sulistyo, mengatakan, adanya batasan kegiatan di masa pandemi Covid-19, masyarakat dituntut lebih kreatif. Salah satunya saat ada pemilihan ketua RW ini.

“Kita gunakan cara online agar warga tidak berkumpul di satu titik. Selain itu warga yang di luar kota pun bisa memberikan suaranya secara langsung dengan online, yakni dengan menggunakan aplikasi WhatsApp dan di berikan kode barcode ke setiap warga,” katanya.

Jadi, undangannya langsung diberikan melalui aplikasi WhatsApp. Dan bagi warga yang tidak paham pun pihaknya menyiapkan pemilihan secara langsung.

Akan tetapi peminat yang memberikan suara secara langsung justru lebih sedikit. Pasalnya warga memilih mengikuti imbauan pemerintah untuk membatasi kegiatan di masa pandemi.
“Tapi saat ini juga masa periodesasi ketua RW juga sudah habis, jadi dilakukan dengan pemilihan secara online Ketua RW periode 2021 hingga 2026,” ucapnya.

Ia menyampaikan, total ada 790 pemilih dari 15 RT. Panitia melakukan pendataan dan seluruh data sudah dimasukan didalam sistem.

Hasil pilihan warga pun dapat diakses di sekretariat pemilihan RW layaknya real count. Pemilihan dilakukan dari pukul 08.00 hingga 13.00.

Meski dilakukan secara daring protokol kesehatan tetap dilakukan panitia termasuk menyiapkan test antigen.

“Intinya pemilihan Ketua RW secara online ini sengat baik di masa Pandemi. Warga juga aman kita juga sebagai panitia nyaman. Dalam waktu 5 Jam Ketua RW dapat terpilih,” tukasnya. (pay)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin