Berita UtamaMetropolis

Proyek Underpass Bulak Kapal Dikebut

Progres Konstruksi 70 Persen

PEMBANGUNAN UNDERASS: Pengendara melintas di samping pembangunan Underpass Bulak Kapal, Bekasi Timur Kota Bekasi, belum lama ini. Progres pembangunan Underpass Bulak Kapal diklaim mencapai 70 persen. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI.

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Pembangunan konstruksi Underpass Bulak Kapal, Bekasi Timur, diklaim sudah mencapai 60 hingga 70 persen sejak digarap 24 September 2020 lalu.

Proyek pemerintah pusat yang dianggarkan melalui APBN Rp 79,3 miliar tersebut ditarget rampung selama 540 hari kerja atau 17 Maret 2022 mendatang.

Hal itu ditegaskan Kepala Bidang Jalan dan Jembatan pada Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Bekasi, Idi Susanto, ketika dihubungi Radar Bekasi, Senin (23/8).

Idi sapaan akrabnya juga menyampaikan, tahap selanjutnya pihak proyek hanya tinggal mengerjakan penggalian tanah di dalam Underpass dan pengerasan jalan.

“Memang untuk saat ini sekitar 60 sampai 70 persen pengerjaan konstruksinya. Mudah-mudahan awal tahun sudah rampung pengerjaannya,” kata Idi.

Meski proyek pemerintah pusat, pihak DBMSDA diakuinya akan tetap mensupport dan berkomunikasi jika ada kendala di lapangan.

“Kemarin ada kendala masalah lahan tetapi sudah bisa diselesaikan. Alhamdulillah sudah relatif selesai, semuanya sudah ready,” ucapnya.

Untuk tahap terakhir, ia mengaku, akan dibuatkan motif penari Betawi di dinding-dinding Underpass. Selain itu, karena pengelolaannya langsung dari Kementerian PUPR sehingga untuk pengontrolan pihaknya tidak sampai ke ranah tersebut.

Akan tetapi, pihaknya akan terus melakukan komunikasi termasuk rencana pembangunan lanjutan Flyover Bulak Kapal.

Karena Fly Over di bulak kapal sangat diperlukan dan sampai sekarang belum ada kejelasan terkait anggarannya. Pihaknya pun sudah secara intensif melakukan koordinasi namun belum ada respon.

“Kita berharap tahun 2022 Underpass selesai. Ada tindak lanjut dari Kementerian PUPR untuk melanjutkan  ke flyovernya. Dari Jalan Pahlawan ke Jalan Joyo Martono. Kita akan dorong terus untuk pengerjaannya Flyover,” tukasnya.

Terpisah, Ketua Komisi I DPRD Kota Bekasi, Arif Rahman Hakim ketika dihubungi Radar Bekasi pihaknya mengaku belum menerima laporan terkait progres pembangunan Underpass Bulak Kapal.

“Saya belum ada info atau laporan ya terkait pembangunan Underpass Bulak Kapal,” katanya.

Pihaknya juga berencana akan melakukan sidak terkait Pembangunan Underpass Bulak Kapal  guna melihat progress pengerjaan.”Saya akan sidak dalam waktu dekat ini. Karena dianggap suatu masalah jadi kita tidak dikasih info dan ditembuskan. Makannya nanti kita akan sidak dan akan kita cek semuanya,” tukasnya. (pay).

Related Articles

Back to top button