Event

FKL 2021 Dorong UKM Naik Kelas

Grand launching Festival Kreatif Lokal 2021 secara hybrid (daring dan luring), Rabu (1/9). Foto Istimewa.

RADARBEKASI.ID, JAKARTA-Sektor usaha dan pariwisata salah satu yang terkena dampak paling signifikan di masa pandemi Covid-19. Situasi ini mendorong Adira Finance memberikan motivasi agar para UKM dapat tumbuh melalui kolaborasi.

Membangkitkan semangat tersebut, lembaga pembiayaan ini kembali menggelar Festival Kreatif Lokal 2021 (FKL 2021) bekerjasama  dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Bertema #TumbuhBersamaSahabat, Festival Kreatif Lokal 2021, Rabu (1/9) dilaunching secara hybrid (daring dan luring).

Direktur SDM dan Marketing Adira Finance, Swandajani Gunadi mengungkapkan, gelaran event ini sejalan dengan visi Adira Finance. Menciptakan nilai bersama untuk meningkatkan kesejahteraan, khususnya kepada pelaku UKM dan generasi muda agar bersama-sama tumbuh membangun perekonomian Indonesia.

’’Tahun ini, FKL 2021 kami fokuskan untuk seleksi UKM di lima destinasi wisata super prioritas. Nanti finalisnya akan dimentoring dan coaching. Agar menghasilkan produk yang lebih baik. Tidak hanya menciptakan barang atau produk, tapi dapat melakukan inovasi product, packaging dan pemasarannya,’’ beber Swandajani.

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Nia Niscaya, mewakili Menteri Kemenparekraf Sandiaga S. Uno, turut hadir dalam peluncuran FKL 2021. Nia mengungkapkan, pemerintah membutuhkan dukungan dan kolaborasi dengan sektor swasta. ’’Kami mendukung kolaborasi ini dengan penyelenggaraan FKL 2021 di lima destinasi wisata super prioritas, yaitu Danau Toba, Likupang, Borobudur, Mandalika dan Labuan Bajo,’’ ungkap Nia dalam sambutannya.

Menurut Nia, persoalan UKM secara umum ada tiga, yaitu modal, produk dan pemasaran. ’’Kemenparekraf punya jargon, beli produk lokal untuk membantu para UKM. Dan mereka (UKM) harus berubah mindsetnya dari hulu hingga hilir. Dan FKL 2021 tentu sangat membantu persoalan UKM selama ini,’’ tandasnya. (zar)

Related Articles

Error, no group ID set! Check your syntax!
Back to top button