Berita Bekasi Nomor Satu

Unkris Helat PKKMB

MAHASISWA BARU: Tangkapan layar mahasiswa baru Unkris saat mengikuti PKKMB secara virtual. ISTIMEWA
MAHASISWA BARU: Tangkapan layar mahasiswa baru Unkris saat mengikuti PKKMB secara virtual. ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Universitas Krisnadwipayana (Unkris) menghelat Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB). Kegiatan ini diikuti oleh 1.200 mahasiswa baru tahun ajaran 2021/2022.

PKKMB 2021 dilaksanakan pada 6-10 September 2021. Berlangsung secara virtual, kegiatan dibuka oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nadiem Makarim. Turut hadir, Rektor Unkris, anggota Komisi X DPR RI Ferdiansyah, para wakil rektor, para dekan, dosen dan ketua lembaga di lingkungan Unkris.

Dalam tayangan video sambutan pembukaan, Nadiem mengajak seluruh mahasiswa untuk ambil bagian dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Program tersebut memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar di luar program studi maupun luar kampusnya selama tiga semester.

“Silakan para mahasiswa untuk mengikuti program ini,” ujar Menteri Nadiem.

Lebih lanjut, Menteri Nadiem menyampaikan, banyak program yang bisa diikuti oleh mahasiswa melalui MBKM tersebut. Antara lain, program magang di perusahaan atau organisasi sosial, membangun desa, melakukan riset dan mengerjakan proyek kemanusiaan.

Selain itu, mahasiswa dapat merancang dan merintis usaha, melakukan pertukaran di dalam maupun di luar negeri, serta mahasiswa dapat mengajar di sekolah SD dan SMP melalui program Kampus Mengajar.

“Semua program ini kami rancang untuk memberikan peluang kepada mahasiswa dengan keragaman minat dan ketertarikan untuk mendapatkan pengalaman-pengalaman yang tidak didapatkan dalam kelas. Pengalaman-pengalaman itu akan menjadi kendaraan dan bekal kalian untuk meraih mimpi masa depan,” tuturnya.

Ia menambahkan, keunggulan dari program Kampus Merdeka ialah mahasiswa tidak perlu mengorbankan masa studinya. “Kami mewajibkan perguruan tinggi untuk menerapkan transfer kredit dengan hitungan 20 SKS untuk setiap program Kampus Merdeka,” terangnya.

Rektor Unkris Ayub Muktiono menyampaikan, ucapan selamat pada seluruh mahasiswa baru yang akan tergabung dalam kampus legendaris ini.

“Unkris merupakan salah satu kampus yang banyak melahirkan tokoh yang, berkiprah baik di tingkat nasional maupun internasional. Sudah sepatutnya kalau kalian bangga bergabung menjadi mahasiswa Unkris,” ucapnya.

Menurutnya, kebanggan tersebut sangatlah beralasan. Sebab, alumni Unkris telah banyak berkiprah dan mewarnai kehidupan berbangsa dan bernegara di Republik Indonesia. Baik tokoh di bidang hukum, ekonomi, politik dan bidang lainnya.

Ia juga mengingatkan penting bagi mahasiswa baru untuk segera beradaptasi dengan lingkungan baru di kampus. Antara, adaptasi model pembelajaran, adaptasi dengan lingkungan, adaptasi mengelola diri (manajemen diri). Menurutnya, tiga hal tersebut akan menjadi kesuksesan untuk menempuh studi di jenjang perguruan tinggi.

“Jika kalian saat masih jadi siswa SMA banyak disuapi oleh guru dalam hal materi pelajaran, maka setelah jadi mahasiswa harus dapat mandiri, harus pandai mengelola waktu, memanage diri sendiri. Kalian juga harus pandai memilih teman, karena teman akan ikut membentuk karakter kalian,” terangnya

Anggota Komisi X DPR RI Ferdiansyah, yang merupakan alumni Fakultas Ekonomi Unkris membagikan tips untuk menjadi salah satu orang sukses. Tips yang dibagikan ialah selalu responsive dan bukan reaktif.

“Responsif ini bisa dengan cara menunjukkan kemampuan diri,” ujarnya,

Kemudian, mahasiswa harus mampu mengeksplorasi hal-hal baru, termasuk pada masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Mahasiswa juga harus selalu memiliki dan menjaga komitmen.

“Selalu fokus pada apa yang dikerjakan, memiliki semangat untuk mengeksekusi apa yang direncanakan,” ucapnya.

Wakil Rektor III Unkris Parbuntian Sinaga mengatakan, meski PPKMB dilaksanakan secara virtual, tetapi semua kegiatan berjalan dengan baik dan lancar. Dalam kegiatan PPKMB, Unkris juga menggelar Webinar yang ditujukan bagi mahasiswa baru yakni Webinar Kebangsaan dan Webinar Kewirausahaan.

Selain itu, mahasiswa baru mendapatkan informasi lengkap terkait kampus, fasilitas kampus, jajaran pimpinan Unkris, tata tertib perkuliahan, hingga unit kegiatan mahasiswa yang bisa diikuti di Unkris.

“Selanjutnya setelah PKKMB tingkat universitas, akan dilanjutkan di tingkat fakultas,” pungkasnya. (dew/pms)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin