Pelajari Empat Bahasa Asing

Lia Anggita Putri
Lia Anggita Putri

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Lia Anggita Putri (17) sedang mempelajari empat bahasa asing. Hal tersebut dilakukan sebagai bekal mewujudkan keinginannya melanjutkan pendidikan tinggi ke luar negeri.

Empat bahasa asing yang dipelajari yakni bahasa Inggris, Korea, Jepang, dan Cina. “Aku itu siswa yang pengen banget mengenal hal baru, apapun itu. Termasuk dalam pengetahuan bahasa,” ungkap siswa SMKN 9 Kota Bekasi ini.


Lia- begitu ia disapa- mempelajari bahasa asing secara otodidak dengan berbagai cara. Mulai dari film, artikel, maupun buku.

“Kondisi ekonomi yang saat ini tidak memungkinkan mendorong saya untuk mempelajari itu dengan berbagai cara. Yang penting saya paham dan menurut saya ilmu bisa didapatkan dimanapun,” katanya.


Belajar secara otodidak tentu menemukan berbagai kendala. Salah satunya ialah sulit memahami bahasa mana yang baik dan benar dalam cara pengucapan.

Namun, kendala itu mampu diatasinya dengan mencari berbagai sumber lain. “Misalnya dapat ilmu dari berita-berita, aku kroscek lagi kata-katanya dari buku benar atau enggak atau ada beberapa kata yang tidak sesuai dan harus diperbaiki,” katanya.

Baginya, kesempatan untuk belajar dan mengetahui banyak hal merupakan hak bagi seluruh orang. Oleh karenanya ia menjadi salah satu pelajar yang akan mengambil kesempatan tersebut.

“Kita semua berhak untuk belajar dan mempelajari banyak hal. Jadi semua gak ada batasannya. Dimanapun dan kapanpun selagi kita mau, kita pasti bisa mendapatkan ilmu baru,” tuturnya.

Kedepan, dirinya berharap kemampuannya dalam menguasai bahasa asing dapat lebih baik lagi. Sehingga keinginannya yang cukup tinggi untuk melanjutkan perguruan tinggi di negara lain dapat tercapai.

“Saya berharap bisa dikasih kelancaran dalam belajar dan bisa menguasai berbagai macam bahasa serta mendapatkan kesempatan untuk meraih keinginan saya sekarang,” pungkasnya. (dew)