BEKACITIZENOpini

Mencari Bekal untuk Kembali

Oleh : Achmad Muwafi, Lc (Kepala SDIT Baitul Halim Tambun Bekasi)

RADARBEKASI.ID, BEKASI – KEHIDUPAN dunia ini hanyalah sementara. Dunia hanya tempat persinggahan untuk menuju ke kehidupan selanjutnya yaitu kehidupan akhirat yang lebih baik dan lebih kekal.

Dunia adalah tempat untuk beramal sedangkan akhirat adalah tempat untuk mendapatkan hasilnya. Apabila seseorang melakukan amal kebaikan, kelak ia pasti akan mendapatkan balasan yang baik pula. Begitu sebaliknya, setiap amal keburukan yang dilakukan oleh seseorang, maka  akan dibalas oleh Allah swt dengan balasan yang buruk.

Islam selalu mengajarkan kepada umatnya untuk menjalani kehidupan ini dengan memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Mengisi waktu dengan berbagai amal kebaikan dan ketaatan serta berusaha mempersiapan diri dengan mengumpulkan bekal untuk menghadapi kehidupan akhirat yang kekal abadi.

Rasulullah saw bersabda, “Jadilah kamu di dunia ini seperti orang asing atau orang yang sedang melakukan perjalanan.” (HR. Bukhari) , Di dalam kitab Jami’ul Ulum wal Hikam, Ibnu Rajab menuturkan, “Barangsiapa yang hidup di dunia ini seperti orang asing, maka dia tidak akan mempunyai keinginan kecuali keinginannya untuk mempersiapkan bekal yang bermanfaat baginya ketika kembali ke ke kampung halamannya (akhirat).

Di dalam surat Al-Baqarah ayat 197 Allah swt telah memerintahkan kepada setiap hamba-Nya untuk menyiapkan bekal menuju akhirat. Dan sebaik-baik bekal itu adalah takwa. Allah swt berfirman”…Berbekallah, dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa, dan bertakwalah kepada-Ku wahai orang-orang yang berakal.”

Takwa artinya melaksanakan segala perintah Allah swt serta menjauhi dan meninggalkan larangan-larangan-Nya. Sahabat nabi yang mulia Ali bin Abi Thalib ra, beliau mengungkapkan empat sifat yang ada dalam diri orang-orang yang bertakwa yaitu takut kepada Allah swt yang Maha Agung, beramal dengan apa yang diwahyukan oleh Allah swt, merasa cukup dan ridha dengan pemberian Allah swt, walaupun hanya sedikit serta senantiasa mepersiapkan bekal untuk menghadapi kematian dan kembali menghadap Allah swt.

Allah swt berfirman, “Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah dengan sebenar-benar takwa dan janganlah kamu mati kecuali dalam keadaan muslim.” (QS. Ali Imran ayat 102)

Ya Allah, Dzat yang mencondongkan hati, condongkanlah hati kami untuk senantiasa  taat kepada-Mu. Amin (*)

Related Articles

Back to top button