Pendidikan

Pernah Menjadi Tutor Sebaya

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Berkat kepintarannya dalam mata pelajaran Matematika,  siswa bernama lengkap Hafiz Kurniawan Siregar ini pernah dipercaya oleh sekolah untuk menjadi tutor sebaya.

“Kecintaan aku dalam mata pelajaran Matematika berhasil membuat aku dilirik sekolah untuk jalankan program tutor sebaya,” ungkap siswa kelas XI SMAN 11 Kota Bekasi ini.

Tutor sebaya adalah kegiatan belajar mengajar di kelas yang memberi kesempatan pada siswa untuk mengajarkan dan berbagi ilmu pengetahuan atau keterampilan pada siswa yang lain untuk membantu temannya yang mengalami kesulitan dalam belajar agar temannya tersebut bisa memahami materi dengan baik. Dengan menjadi pengajar, pelajar berusia 16 tahun ini harus lebih banyak dalam belajar.

“Menjadi tutor sebaya membuat aku lebih ekstra untuk bisa lebih cepat memahami materi pelajaran, karena aku lebih dulu diajarkan untuk kemudian bisa mengajarkan teman-teman aku di sekolah,” tuturnya.

Hal tersebut membuat Hafiz-begitu ia disapa- lebih berani dan percaya diri. Pasalnya, tidak semua pelajar siap ketika diminta oleh sekolah untuk menjadi tutor sebaya.

“Awalnya gak pede karena takut dibilang sok pinter, tapi di sini aku berfikir bahwa ini bukan salah satu ajang untuk menunjukan kalo aku lebih pintar. Tapi ini salah satu ajang dimana aku dan teman-teman secara tidak langsung bisa melakukan diskusi bareng,” terangnya.

Menjadi tutor sebaya juga membuatnya mendapatkan pengalaman bagaimana sulitnya menjadi seorang guru. “Aku memahami banyak hal, ngerasain sulitnya menjadi seorang guru dan hal ini membuat aku bisa lebih menghargai guru lagi,” ucapnya.

Menjadi tutor dijalaninya saat duduk di bangku kelas X SMA. Ia berharap program ini bisa dapat berjalan kembali. “Program ini aku jalani pas banget aku masuk SMA, aku berharap sih program ini terus berjalan. Biar pengalaman dan pengetahuan aku lebih luas lagi,” pungkasnya. (dew)

Related Articles

Back to top button