Berita UtamaPendidikan

Pendidikan Kewirausahaan Tumbuhkan Sikap Mandiri

ILUSTRASI: Sejumlah mahasiswa UNKRIS berada di lingkungan kampus. Perguruan tinggi swasta di Kota Bekasi membekali mahasiswa pendidikan kewirausahaan. ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Perguruan tinggi swasta di Kota Bekasi membekali mahasiswa pendidikan kewirausahaan. Tujuannya agar dapat menumbuhkan sikap mandiri.

Wakil Rektor 1 Universitas Bina Insani Kota Bekasi Shalahuddin mengatakan, pihaknya telah memberikan materi kewirausahaan kepada seluruh mahasiswa program studi minimal 1 semester.

“Kami berikan satu semester mengenai materi kewirausahaan, karena ini sangat penting untuk membangun kemandirian mahasiswa,” ujar Shalahuddin kepada Radar Bekasi, Kamis (11/11).

Menurutnya, keterampilan wirausaha tidak hanya memberikan kemampuan terkait dengan bisnis. Tetapi hakikatnya dapat menumbuhkan sikap mandiri kepada mahasiswa.

“Membangun bisnis itu dapat dilakukan dari hal terkecil dan saat ini terbukti dari materi kewirausahaan yang kami berikan, beberapa mahasiswa sudah berani untuk membuka usaha meskipun skalanya masih kecil,” katanya.

Sementara, Ketua Lembaga Pengembangan Kreativitas dan Kebangsaan Universitas Krisnadwipayana (UNKRIS) Susetya Herawati mengatakan, suatu kewajiban bagi perguruan tinggi untuk membentuk mental berani kepada mahasiswa.

“Mendidik mahasiswa untuk memiliki mental berani mencoba, berani berkompetisi dan berani mewujudkan ide-ide baru, itu merupakan sebuah tugas kami sebagai perguruan tinggi,” katanya.

Dikatakan, perguruan tinggi berusaha untuk memfasilitasi mahasiswanya dengan baik, sehingga kemampuan berwirausaha dapat disalurkan melalui inkubator bisnis.

“Untuk mendukung itu semua,  kami tentu akan memfasilitasi dengan baik mahasiswa agar memiliki keterampilan berwirausaha,” katanya.

Menurutnya, mahasiswa dituntut untuk tidak memahami teori tetapi juga praktik. Dengan memiliki keterampilan wirausaha, mahasiswa tidak hanya fokus mencari pekerjaan.

“Kreativitas wirausaha sangat berdampak pada kemandirian mahasiswa, kita lihat saat ini banyak mahasiswa sampai dengan satu tahun saja belum mendapatkan pekerjaan. Maka kita harap mahasiswa tidak berfokus pada mencari kerja, tetapi mereka harus bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru,” katanya. (dew)

Related Articles

Back to top button