Metropolis

Ratusan Makam Direlokasi

RADARBEKASI.ID, BEKASI SELATAN- Sebanyak 114 makam dipindahkan ke Tempat Pemakaman Umum (TPU) Padurenan, Kecamatan Mustikajaya, Kota Bekasi. Sebelumnya, ratusan makam ini terkubur tumpukan sampah di Area Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sumurbatu, batu nisan makam nyaris tidak nampak di antara tumpukan sampah.

 

Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan (Disperkimtan) Kota Bekasi memastikan sudah seluruhnya makam dipindahkan. Pemindahan makam dilakukan menggunakan alat berat awal pekan kemarin, Senin (15/11).

 

“Sudah selesai kemarin sore (15/11) pemindahan makam dari TPA Sumurbatu ke TPU Padurenan,” terang Kepala Bidang Pertanahan Disperkimtan Kota Bekasi, Haryanto, Selasa (16/11).

 

Pemindahan makam dilakukan oleh petugas gabungan dari Disperkimtan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), pemerintah di tingkat kelurahan dan kecamatan, RT/RW, hingga ahli waris. Tokoh agama juga terlibat memandu prosesi keagamaan.

 

Meskipun proses pemindahan diakui berat, namun berhasil diselesaikan dengan peralatan pendukung yang telah disiapkan.

 

“Kita menggunakan alat-alat yang memang bisa memperlancar dan mempermudah (alat berat), dan semua kita lakukan berdasarkan kesepakatan bersama ahli waris,” tambahnya.

 

Sebelumnya, ahli waris meminta ratusan makam yang telah tertimbun makam dipindahkan segera. Mereka mengaku tidak bisa lagi menemukan makam keluarga beberapa tahun belakangan. (sur)

Related Articles

Back to top button