Metropolis

Waspada Ancaman Cuaca Ekstrem

RADARBEKASI.ID, BEKASI SELATAN – Meski Wilayah Kota Bekasi berada jauh dari laut maupun pegunungan, bukan berarti Kota Bekasi aman dari bencana alam.  Mengingat, bencana Hidrometeorologi tidak mengenal wilayah laut maupun pegunungan.

 

Bencana alam seperti banjir, cuaca ekstrem hingga longsor bisa kapan saja terjadi.  Maka dari itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi telah melakukan persiapan-persiapan. Salah satunya memberikan latihan

kepada warga masyarakat untuk tanggap bencana.

 

“Kemarin kita sudah siapkan apel kesiapsiagaan. Kita juga melakukan latihan tanggap bencana kepada warga Jatisampurna,” kata Kepala BPBD Kota Bekasi, Enung Nurcholis kepada Radar Bekasi, Kamis (18/11).

 

Enung sapaan akrabnya juga mengatakan, pihaknya baru memberikan latihan tanggap bencana kepada warga Jatisampurna. Pihaknya juga akan melakukan pelatihan tanggap bencana di lingkungan lainnya yang sering terjadi bencana.

Dalam tanggap bencana, pihaknya memberikan pemahaman terkait pertolongan pertama saat bencana. Salah satunya cara menggunakan perahu karet, menolong warga yang terjebak.

 

“Kita juga akan melihat ya sesuai dengan kepentingan masyarakat. Pelatihan yang kita berikan supaya mereka dapat memahami. Minimal warga tidak gagap saat bencana,” ucapnya.

 

Dirinya juga menghimbau kepada warga masyarakat Kota Bekasi, sesuai dengan info dari BMKG bahwa untuk wilayah Kota Bekasi dan Jawa bagian Utara, sejatinya sudah masuk musim hujan.

 

“Artinya warga masyarakat harus mempersiapkan diri jika ada hal-hal yang tidak diinginkan. Saya dan anggota BPBD sudah mempersiapkan perlengkapan dan sarana lainnya untuk membantu masyarakat,” pungkasnya. (pay)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button