Berita UtamaPendidikan

40 Persen Sekolah Swasta Buka Pendaftaran PPDB

BERI PENJELASAN: Panitia PPDB SMK Bistek memberikan penjelasan jurusan sekolah kepada calon siswa baru. ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Satuan pendidikan swasta di Kota Bekasi sudah mulai membuka pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2022/2023.

“Bagi sekolah swasta saat ini memang sudah banyak yang membuka pendaftaran bagi peserta didik baru baik SD, SMP, SMA, maupun SMK,” kata    Sekretaris Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) Kota Bekasi Ayung Sardi Dauly kepada Radar Bekasi, Senin (22/11).

Berdasarkan data BMPS, terdapat 475 sekolah swasta di Kota Bekasi dengan rincian SMP 238 sekolah, SMA 110 sekolah, dan SMK 127 sekolah.  Secara persentase, kata Ayung, data sementara diketahui  sekitar 30 sampai 40 persen yang sudah membuka pendaftaran.

Menurutnya, sekolah swasta elit akan paling cepat terpenuhi kuota atau daya tampung siswa baru. “Meskipun sudah cukup banyak sekolah swasta yang membuka pendaftaran, sekolah elit lah yang akan cepat terpenuhi kuota penerimaan siswa barunya,” pungkasnya.

Wakil Ketua Sub Rayon 03 SMA Kota Bekasi Margo Cahyono mengatakan, pendaftaran mulai dibuka sejak Oktober 2021. Satuan pendidikan swasta yang sudah mulai membuka penerimaan siswa baru merupakan sekolah tertentu.

“Biasanya sih sekolah swasta yang sudah buka penerimaan siswa baru, mereka yang mempunyai program untuk menarik minat peserta didik baru lebih banyak,” ujar Margo.

Seperti program diskon atau potongan biaya masuk. Program itu diberikan untuk menarik minat orang tua untuk mendaftarkan anaknya ke sekolah tersebut.

“Dengan memberikan diskon biaya masuk dengan harapan peserta didik baru langsung tertarik dengan tawaran diskon di awal. Jika sudah mendekati tahun ajaran baru, biasanya diskonnya dikurangi,” katanya. (dew)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button