Gunduli Cagliari, Inter Kudeta Puncak

Penyerang Inter Milan Lautaro Martinez (kanan) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya seusai mencetak gol ke gawang Cagliari. Foto: Reuters

RADARBEKASI.ID, MILAN – Inter Milan mengambil alih pucuk klasemen Serie A setelah mencukur gundul Cagliari dengan skor 4-0 dalam laga pekan ke-17 di Stadion Giuseppe Meazza, Senin (13/12) dinihari WIB.

Tim besutan Simone Inzaghi itu sukses memanfaatkan kegagalan rival sekotanya, AC MIlan, yang hanya meraih satu poin saat bertandang ke Udinese kemarin.


Inter mengumpulkan 40 poin dan menggusur Milan dari puncak klasemen dengan keunggulan satu poin.

Memasuki pertandingan, berbekal catatan empat kemenangan beruntun dalam rentetan delapan laga nirkalah, Inter berusaha tampil dominan sejak kick off dan mampu membuka keunggulan pada menit ke-29 saat Lautaro Martinez menanduk umpan sepak pojok Hakan Calhanoglu.


Inter sebetulnya memperoleh peluang untuk menggandakan keunggulan saat mendapatkan hadiah tendangan penalti semenit jelang turun minum, tetapi eksekusi Martinez bisa dimentahkan oleh kiper Alessio Cragno.

Lima menit memasuki babak kedua, Inter akhirnya menggandakan keunggulan mereka lewat tembakan voli akurat yang dilepaskan Alexis Sanchez menyambut umpan silang Nicolo Barella.

Lantas pada menit ke-66, Calhanoglu menyajikan aksi gemilang saat menusuk dari sayap kiri sebelum melepaskan tembakan melengkung yang sukses menyarangkan bola ke pojok tiang jauh demi menambah keunggulan Inter jadi 3-0.

Dua menit berselang, Martinez mencetak gol keduanya setelah tenang mengendalikan umpan lambung Barella sebelum memperdaya Cragno dengan penyelesaian akurat dari jarak dekat membuat kedudukan jadi 4-0 bagi Inter.

Barella yang sudah membukukan dua assist di laga kali ini berusaha turut mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-80 dengan tembakan jarak jauh yang relatif akurat, tapi Cragno kali ini mampu mengamankan gawang Cagliari.

Tiga menit jelang bubaran waktu normal Sanchez nyaris menambah lagi keunggulan sayang tembakannya masih membentur mistar gawang dan skor 4-0 yang dimiliki Inter tak berubah hingga peluit tanda laga usai terdengar.

Inter selanjutnya akan bertandang ke Arechi menghadapi tim juru kunci Salernitana pada Jumat (17/12) dan sehari berselang Cagliari menjamu Udinese di Sardegna Arena.(wsa)