Pendidikan

Mahasiswa Broadcasting Mercu Buana Gelar Pelatihan Penulisan Naskah

RADARBEKASI.ID, BEKASI-Sejumlah mahasiswa program studi Broadcasting Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom), Universitas Mercu Buana menggelar Kuliah Peduli Negeri dengan mengusung tema “Kreatifitas Penulisan Naskah Drama dalam Kaidahnya”.

Pelaksanaan Kuliah Peduli Negeri tersebut telah dilaksanakan pada Jumat (26/11/2021) dan Jumat (3/12/2021) di SMA 17 Agustus 1945 Jakarta.

Kegiatan ini beranggotakan lima orang, yaitu Jonathan Prasetya, Fathimah Az Zahra, Hilman Nasution, Aretha Jessica, dan Ghifari Al Rasyid.

Selama kegiatan berlangsung, pihak kampus turut mengawasi, yaitu dosen pengampu mata kuliah Peduli Negeri Dr. Santa Lorita Simamora dan Dra. Tri Diah Cahyowati, M.Si., selaku Sekretaris Program Studi Ilmu Komunikasi.

Kegiatan diikuti oleh 25 orang murid kelas X-MIPA 2 SMA 17 Agustus 1945, Jakarta. Dipandu langsung mahasiswa Universitas Mercu Buana, Jonathan Prasetya serta yang lainnya sebagai pengisi acara.

Sedikitnya dua macam bentuk kegiatan di acara ini, dan dibagi dalam dua sesi. Pertama, pemaparan materi mengenai Premis, Sinopsis, Treatment, dan Naskah.

Kegiatan pertama, Jumat (26/11/2021) dibuka dengan penyampaian materi mengenai apa itu Premis, Sinopsis, Treatment, dan Naskah, yang dipaparkan oleh semua anggota tim.

Dari setiap sub-materi juga diadakannya sesi tanya jawab dengan semua orang murid kelas X-MIPA 2 yang berlangsung sangat menarik dan interaktif.

Dan ditutup dengan pengulangan dari ulasan-ulasan dari materi yang telah disampaikan sebagai kesimpulan dari materi pada sesi pertama.

Kedua, memahami Kaidah Penulisan Naskah Drama dan Praktik Penulisan Naskah.

Selanjutnya, kegiatan kedua pada Jumat (3/12/2021) ini dilanjutkan dengan pemahaman lebih lanjut mengenai Kaidah Penulisan Naskah Drama.

Pada kegiatan kedua ini pembahasan lebih diarahkan kepada bentuk teknis dari Penulisan Naskah Drama, serta wujud realisasi dari materi yang telah disampaikan pada kegiatan pertama.

Kegiatan kedua ini dibuka dengan korelasi dari pembahasan materi pada pertemuan pertama, dengan aspek teknis yang menjadi aturan dalam penulisan naskah drama. Soal batasan-batasan do and don’t yang harus diterapkan dalam membuat naskah drama.

Setelah materi soal teknis pendukung sudah dipaparkan, kegiatan di hari kedua ini dilanjut dengan, Praktik Penulisan Naskah yang diikuti oleh semua murid kelas X-MIPA 2, yang diberi waktu selama 15 menit untuk menulis naskahnya masing-masing sesuai dengan imajinasi mereka secara spontan.

Setelah setiap murid menyelesaikan naskahnya masing-masing, kegiatan pun dilanjut dengan mereview naskah yang masing-masing mereka buat. Membahas tentang implementasi dari materi yang telah disampaikan dari kegiatan pertama sampai yang terakhir, dengan bahan uji berupa naskah yang ditulis langsung oleh masing-masing murid peserta dari kegiatan ini.

Tidak hanya direview, tim Kuliah Peduli Negeri juga memilih 3 naskah terbaik dari 3 orang murid yang berkesempatan untuk diberi hadiah dari tim pelaksana kegiatan Kuliah Peduli Negeri ini.

Tim pelaksana kegiatan Kuliah Peduli Negeri Universitas Mercu Buana ini berharap, setiap agenda yang dilaksanakan dari awal dapat bermanfaat bagi semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini. Juga sangat bersyukur, kegiatan ini berjalan dengan sangat lancar atas kerja sama dengan semua pihak yang terlibat atas berlangsungnya kegiatan ini. (*/)

Related Articles

Error, no group ID set! Check your syntax!
Back to top button