Pendidikan

Ajarkan Siswa Membaca dan Menulis

TAPN Mahasiswa Universitas Mercu Buana

FOTO BERSAMA: Mahasiswa Fikom Universitas Mercu Buana foto Bersama dengan siswa Taman Baca Pondok Soga. ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana menghelat Tugas Akhir Peduli Negeri (TAPN) bertajuk “Festival Literasi” bagi siswa di Taman Baca Pondok Soga Desa Pantai Hurip Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi. TAPN merupakan salah satu syarat kelulusan mahasiswa.

Kegiatan ini dijalankan oleh tiga orang mahasiswa, yakni Aldino Julianto selaku ketua panitia TAPN serta Robby Fadillah serta Panji Ramadhan. Turut mengawasi Tri Diah Cahyowati dan Dewi Sad Tanti selaku dosen pembimbing TAPN.

Ketua Panitia Kegiatan TAPN Aldino Julianto menjelaskan, TAPN mengusung konsep transfer ilmu serta informasi dari mahasiswa kepada masyarakat. “Ada beberapa acara yang diadakan dalam kegiatan ini, salah satunya adalah pengajaran membaca serta menulis untuk anak usia sekolah dasar,” terangnya melalui keterangan resminya.

Kampung Pondok Soga dipilih sebagai lokasi kegiatan karena masih banyak siswa sekolah dasar di daerah ini yang belum mampu menguasai cara membaca dan menulis dengan baik.

“Rendahnya pengetahuan literasi tersebut juga dikarenakan sekolah yang ada di Pondok Soga masih cukup terbatas serta memiliki jarak yang cukup jauh dari rumah siswa,” katanya.

Selain itu, datangnya pandemi Covid-19 menjadi salah satu faktor utama yang menghambat siswa untuk belajar. Hal tersebut dikarenakan banyak siswa yang masih belum familiar terhadap ponsel maupun gawai yang akhirnya menghambat pembelajaran daring yang dilakukan oleh sekolah.

Dengan diselenggarakannya kegiatan ini, pihaknya berharap dapat ikut serta dalam membantu pemerintah untuk mengurangi tingkat buta aksara di Indonesia.

“Selain itu kami juga berharap dapat mengembangkan Taman Baca Pondok Soga agar dapat menjadi tempat belajar yang nyaman bagi anak-anak,” ucapnya.

Berkat pelaksanaan kegiatan ini, anak-anak di kampung Pondok Soga sudah cukup lancar untuk membaca serta menulis. Bahkan tiga orang siswa yang ikut belajar dalam Taman Baca ini telah memenangkan kontes membaca puisi yang dilakukan secara daring oleh Be A Star Organizer.

Pengurus Taman Baca Alam Pondok Soga Sri Wulandari berharap kegiatan seperti ini dapat lebih sering diadakan oleh mahasiswa karena dapat membantu anak-anak dalam mengembangkan kemampuannya terutama dalam bidang membaca dan menulis. (dew/pms)

Related Articles

Error, no group ID set! Check your syntax!
Back to top button