Capaian PAD Sentuh 89 Persen

ILUSTRASI: Pajak hotel dan restoran mulai bergeliat dan meningkat pada tahun kedua di tengah Pandemi Covid-19. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI TIMUR- Ketua Komisi III DPRD Kota Bekasi, Abdul Muin mengapresiasi Capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bekasi tahun 2021 ini yang mencapai 89 persen, dari target PAD Rp2,450 triliun.

“Kita beri apresiasi ya kepada Bapenda karena hingga saat ini PAD sudah mencapai 89 persen lebih. PAD sekarang lebih bagus dari dua tahun lalu,” kata Muin sapaan akrabnya kepada Radar Bekasi, Selasa (28/12).


Capaian PAD tahun 2019 dan 2020, lanjut dia, jauh dari yang ditargetkan. Namun, untuk saat ini capaian PAD terbilang meningkat. Diketahui, tahun 2019 dari target Rp3,3 triliun hanya terealisasi sebesar Rp2,5 triliun. Sedangkan 2020 hanya tercapai 80 persen lebih dari target Rp 2,5 triliun.

Pencapaian PAD sekarang ini ada beberapa yang mengalami kenaikan pajaknya. Salah satunya, reklame, hotel dan restoran yang diklaim lebih dari perkiraan.


“Memang di Pandemi Covid-19 ini hotel dan restoran melebihi target pajaknya,” ucapnya.

Pada intinya, tambah dia, pihaknya mengapresiasi secara institusi dan kelembagaan. Dan juga kepada Kepala Bapenda yang tahun depan sudah pensiun.

Sebab, yang dicanangkan kesepakatan antara DPRD dengan eksekutif mencapai target. “Khususnya saya saya sebagai Ketua Komisi III mengapresiasi kepada Bapenda. Karena dapat melakukan pencapaian di tahun 2021 ini,” imbuhnya.

Ia juga berharap, dengan adanya sisa waktu beberapa hari kedepan ini. PAD bisa bertambah dari yang sudah diraih.

“Intinya kita apresiasi karena PAD sekarang jauh lebih baik dari tahun lalu. Ke depan juga kita akan terus berkomitmen agar PAD benar-benar tercapai 100 persen,” ungkapnya. (pay)