Politik

Pengamat : Pilkada 2024 Bakal Seru

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Seluruh Partai politik (parpol) memiliki peluang yang sama mengusung kader terbaiknya sebagai calon Walikota atau Wakil Walikota (Cawalkot) Bekasi di Pilkada 2024 mendatang. Pasalnya, sesuai dengan syarat parpol pengusung akan ditentukan perolehan suara di Pemilu atau Pileg yang digelar lebih awal di tahun yang sama.

Selain itu, di Pilkada Kota Bekasi 2024 nanti tidak ada lagi calon petahana, sehingga perebutan jabatan orang nomor satu di Kota Bekasi akan makin sengit. Demikian ditegaskan Pengamat politik, sekaligus Dosen FISIP di Universitas Islam (Unisma) 45 Kota Bekasi, Adi Susila.

“Saya kira untuk Pilkada 2024 di Kota Bekasi bakal berlangsung seru, dan persaingan juga akan semakin keras, karena calon incumbent tidak ada. Artinya, siapapun nanti calon yang diusung oleh parpol yang berhak mengusung sesuai syaratnya masih mempunyai peluang sama untuk menang,” kata Adi kepada Radar Bekasi, Selasa (28/12).

“Tapi yang jelas, siapapun calonnya nanti kan itu patokannya hasil Pemilu atau Pileg 2024 yang jadwalnya digelar lebih awal sebelum pelaksanaan Pilkada. Jadi, kalau sekarang ini kalaupun ada tokoh yang muncul saat ini pun tak menjamin bakal menjadi calon kuat buat memenangkan di Pilkada itu,” sambungnya.

Lebih jauh, diakui Adi, melihat situasi politik di Kota Bekasi dengan kemunculan Ade Puspitasari sebagai Ketua DPD Partai Golkar pun makin menambah sengit pertarungan di Pilkada 2024. Sebelumnya, sudah muncul sosok Wakil WaliKota Tri Adhiato yang sudah digadang-gadang sebagai calon kuat untuk menduduki kursi nomor satu di Kota Bekasi dan juga calon dari PKS, yakni Heri Koswara dan Chairoman J Putro.

“Pokoknya, Pilkada 2024 Kota Bekasi bakal seru lah, dan persaingannya akan lebih keras nanti dari masing-masing parpol yang berhak mengusung pasangan calonnya baik dengan Koalisi, atau memang kalau syarat suaranya terpenuhi mengusung calon sendiri. Bisa jadi calonnya nanti akan banyak, dan semuanya itu mempunyai peluang menang yang sama,” pungkasnya.

Sebagai Informasi, dari hampir semua parpol di Kota Bekasi saat ini memiliki target untuk menang di Pilkada 2024 dengan mengusung kader terbaiknya duduk kursi Kepala daerah atau Wali Kota, baik dari parpol di parlemen maupun parpol non parlemen. Namun, untuk memperoleh target itu seluruh parpol saat ini tengah berusaha untuk meraih suara sebanyak-banyaknya di Pemilu sebagai modal penting dan syarat mutlak dalam mengusung calon di Pilkada nanti. (mhf)

Related Articles

Error, no group ID set! Check your syntax!
Back to top button