Berita Bekasi Nomor Satu

Belajar Pemberdayaan UMKM

KUNJUNGAN: Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Bekasi, Abdillah Hamta Ketika menyerahkan cinderamata boneka khas Bang Bek dan Mpok Asih disela kunjungan DPRD Kabupaten Buton Tengah. IST/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI SELATAN – Proses pembinaan, pemberdayaan dan perlindungan serta pengawasan Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah (UMK) dan Koperasi Pemkot Bekasi jadi tujuan Kunker DPRD Kabupaten Buton Tengah, Kamis (6/1).

“Kedatangan kami untuk sharing dan belajar terutama di Dinas Koperasi dan UKM Kota Bekasi terutama pembinaan dan pengembangan,” ujar pimpinan rombongan sekaligus Wakil Ketua DPRD Kabupaten Buton Tengah, Suharman didampingi Ketua Komisi III, Tasman.

Suharman juga menjelaskan secara singkat mengenai Kabupaten Buton Tengah merupakan pemekaran dari Kabupaten Buton.

Turut hadir pada acara tersebut Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Bekasi, Abdillah Hamta beserta jajarannya. Abdillah kemudian menjelaskan tentang struktur dari UKM Kota Bekasi dan sejarah Kota Bekasi.

” Kota Bekasi merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Bekasi, dilihat dari geografis, sebelah Timur merupakan induknya Kabupaten Bekasi, sebelah Barat DKI Jakarta , jadi kami dengan DKI merupakan bagian tidak terpisahkan,”jelasnya.

Ia juga memaparkan terkait wilayah Kota Bekasi yang mempunyai 12 kecamatan dan 56 kelurahan dengan penduduk 2.4 juta jiwa. Yang terdapat berbagai suku dan budaya.

Abdillah juga menjelaskan tentang pengembangan Koperasi masjid berbasis syariah untuk masyarakat beragama muslim.

” Jadi kami (Pemerintah) memberikan kebebasan pada warga untuk memilih antara Konvensional dan Syariah biar seimbang. Tidak hanya itu, selama tiga tahun berturut-turut Kota Bekasi mendapatkan penghargaan berkaitan dengan koperasi ” Jelas Abdillah.

Dia berharap dengan kehadiran koperasi ini bisa mengurangi permasalahan kegiatan pinjaman ilegal yang ada di masyarakat.

Informasi tambahan, Bantuan pemerintah sudah digulirkan sejak tahun 2020 kepada tidak kurang dari 203.000 penggiat UMKM untuk membantu dalam menghadapi krisis di tengah pandemi Covid-19.

Ditambah lagi, Pemkot Bekasi juga memberikan bantuan pinjaman tanpa bunga kepada para penggiat UMKM yang dibina.

“Kita membantu membeli para penggiat UMKM yang membuat masker dan minuman kesehatan, yang nantinya kita berikan kepada warga masyarakat yang terpapar Covid -19 ” tutupnya.

Acara dilanjutkan dengan dialog interaktif, pemberian cinderamata, dan foto bersama antara Pemerintah Kota Bekasi dengan DPRD Kabupaten Buton Tengah. (one/hms)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin