Bacaleg PKS Diseleksi di Provinsi

ILUSTRASI : DPD PKS Kabupaten Bekasi saat melantik tim Satuan Tugas (Satgas) untuk menghadapi Pemoilu 2024 mendatang.ISTIMEWA/RADAR BEKASI
ILUSTRASI : DPD PKS Kabupaten Bekasi saat melantik tim Satuan Tugas (Satgas) untuk menghadapi Pemoilu 2024 mendatang.ISTIMEWA/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Dewan Pimpinan Daerah  (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah melaporkan sebanyak 134 nama Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) ke Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Jawa Barat, untuk pemilu 2024 mendatang. Nama-nama tersebut Bacaleg untuk DPR RI, Provinsi, dan Daerah, yang diusulkan oleh para kader.

Ketua DPD PKS Kabupaten Bekasi, Budi Muhammad Mustofa mengatakan, sebenarnya ada 285 nama Bacaleg yang masuk, tapi jumlah nama yang dilaporkan hanya 200 persen. Dirinya mencontohkan, untuk DPR RI 10, berarti 20 yang dilaporkan. Kemudian untuk provinsi sebanyak tujuh dan 14 yang dilaporkan. Sementara Kabupaten 50, berarti ada 100 yang dilaporkan.


“Nama Bacaleg yang masuk kita laporkan semua ke DPW, tapi dikembalikan karena yang diminta hanya 200 persen. Yakni 134 nama Bacaleg,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Selasa (11/1/2022).

Pria yang akrab disapa Budi MM ini menuturkan, untuk nama Bacaleg yang dilaporkan DPW ini atas usulan dari para kader. Belum lama ini dirinya mengaku, sudah dipanggil oleh DPW untuk presentasi tentang nama-nama Bacaleg yang telah dilaporkan. Sekarang, nama tersebut sedang diperiksa oleh DPW.


“Sekarang nama-nama itu sedang diverifikasi oleh DPW. Nanti dalam waktu dekat akan ada yang survei, mengenai tanggapan masyarakat,”

Kata Budi MM, nanti pada bulan Februari atau Maret akan muncul tampilan nama yang dilaporkan. Akan tetapi, nama-nama tersebut bisa saja ada pergantian dengan Bacaleg yang lainnya. Mengingat, file Bacaleg 285 yang masuk itu sudah ada di DPW. “Belum tentu ini yang muncul, bisa jadi ada pergantian, karena nama yang sebelumnya ada filenya di DPW,” tuturnya.

Setelah itu, dirinya menjelaskan akan ada Sekolah Calon Pejabat Publik (Secapu), semacam kuliah. Kemudian nanti baru dikukuhkan 100 persen nama Bacaleg. “Nanti disitu akan dinilai, pemahaman tentang kepartaian, beranggota, dan lain-lainnya. Nanti akan di pres 100 persen,” jelasnya. (pra)