Ditahan Brighton, Perjuangan Chelsea Juara Makin Berat

Bek Brighton & Hove Albion Adam Webster (kedua kanan) melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Chelsea. Foto: Reuters

RADARBEKASI.ID, BRIGHTON – Peluang Chelsea mengejar gelar juara Premier League 2021/22 makin berat saja. Ini menyusul hasil imbang yang diraih The Blues saat melawat ke kandang Broghton & Hove Albion. Bertandang ke Stadion Amex, duel yang digelar Rabu (19/1) berakhir imbang 1-1.

Akibat hasil imbang tersebut, Chelsea kian tertinggal dalam persaingan di papan atas meski main sekali lebih banyak dari Manchester City dan dua kali dibandingkan Liverpool.


Chelsea tertahan di posisi ketiga dengan 44 poin, tertinggal 12 poin dari City yang ada di puncak dan satu poin dari Liverpool di urutan kedua.

Sedangkan Brighton yang menjaga catatan nirkalah dalam lima laga terakhir tetap menduduki peringkat kesembilan dengan 29 poin.


Sempat tertinggal akibat gol Hakim Ziyech, Brighton membalas melalui Adam Webster dan sukses mempertahankan skor imbang meskipun Chelsea tampil mendominasi 57 persen penguasaan bola sepanjang laga.

Tampil di hadapan pendukungnya sendiri, Brighton nyaris memulai laga dengan sempurna ketika Jakub Molder melepaskan tembakan yang hanya melenceng tipis di sisi gawang.

Tim tamu perlahan-lahan mengambil alih kendali permainan dan membuka keunggulan pada menit ke-28 saat Ziyech menyelesaikan umpan N’Golo Kante dengan tembakan yang gagal diantisipasi sempurna kiper Robert Sanchez.

Chelsea berpeluang menggandakan keunggulan mereka di pengujung babak pertama, sayang Callum Hudson-Odoi melepaskan tembakan melenceng meskipun rekannya Mason Mount berdiri relatif bebas di muka gawang.

Brighton terus berusaha memberi perlawanan saat memasuki babak kedua dan Alexis Mac Allister memaksa kiper Kepa Arrizabalaga melakukan penyelamatan untuk mengamankan gawang Chelsea.

Namun, situasi sepak pojok yang dihasilkan dari serangan itu mampu dimanfaatkan oleh Webster yang berdiri tak terkawal di area tiang jauh menanduk umpan Mac Allister demi menaklukkan Kepa dan membuat kedudukan imbang 1-1 pada menit ke-60.

Delapan menit berselang Neal Maupay yang baru masuk menggantikan Pascal Gross menerima umpan silang apik, tapi ia gagal mengendalikan bola yang berakhir disapu barisan pertahanan Chelsea.

Kedua tim terus melancarkan serangan ke pertahanan satu sama lain, tetapi hingga peluit bubaran terdengar tak ada gol tambahan dan skor imbang 1-1 tak berubah.

Kedua tim dijadwalkan kembali merumput untuk pertandingan selanjutnya pada Minggu (23/1) saat Chelsea menjamu Tottenham Hotspur di Stamford Bridge dan Brighton bertandang ke Stadion King Power menghadapi Leicester City. (wsa)