Dirlantas Survei Kelayakan Lintasan Street Race di Bekasi

COBA MOTOR: Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, mencoba salah satu sepeda motor, yang akan digunakan pada ajang Street Race, di Kabupaten Bekasi, Kamis (20/1). IST/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, CIKARANG SELATAN – Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, meninjau lintasan Meikarta Central Park yang akan digunakan pada ajang Street Race, di Kabupaten Bekasi, Kamis (20/1).

Peninjauan tersebut, dilakukan guna memastikan kelayakan lintasan yang ada di Meikarta Central Park, sebelum dijadikan lokasi penyelenggaraan Street Race.


“Kami melakukan survei terhadap lintasan, sebagai kelanjutan dari Street Race, yang sebelumnya sudah dilaksanakan di Ancol. Di Bekasi ini, kami meninjau di wilayah Polres Metro Bekasi Kota, itu di Perumahan Vida, dan yang di Kabupaten Bekasi, di Meikarta,” kata Sambodo usai melakukan peninjauan.

Dari hasil tinjauan, kedua lokasi tersebut sudah cukup layak untuk dijadikan lintasan pada ajang Street Race, yang akan diselenggarakan oleh Polres Metro Bekasi Kota, dan Polres Metro Bekasi Kabupaten.


“Cukup layak untuk dijadikan sebagai lintasan ajang Street Race, walaupun tentu dengan jarak yang berbeda-beda,” ucapnya.

Lanjut Sambodo, di Kabupaten Bekasi, Streetrace akan dilaksanakan dengan jarak 402 meter, sedangkan di Kota Bekasi, jaraknya 201 meter. Adapun untuk persiapan, dirinya menyerahkan kepada Kapolres Metro Bekasi, Kombes Pol Gidion Arif Setyawan, agar bisa menyelenggarakan Street Race dengan melibatkan seluruh stakeholder yang ada.

“Kami dari Polda Metro Jaya, akan melaksanakan resistensi yang tentu akan dibantu IMI, KONI, Dinas Perhubungan, dan dari stakeholder lainnya,” terang Sambodo.

Ia berharap, dengan terselenggaranya ajang balap motor Street Race tersebut, bisa menjadi upaya menghilangkan balapan liar (bali) diseluruh wilayah hukum Polda Metro Jaya.

“Semoga tidak ada lagi balapan liar, setelah adanya balap motor Streetrace ini,” tuturnya.

Guna memastikan kelayakan serta keamanan lintasan sepanjang 700 meter di Meikarta Central Park, dilakukan uji track oleh salah satu pembalap asal Cikarang, yang dipersilahkan menggeber sepeda motor balapnya di lintasan tersebut.

“Ini jalannya agak belok-belok begitu, bergelombang, kalau dari tempatnya sih enak, bagus, lumayan,” ujar salah satu pembalap asal Cikarang, Mulyadi, yang menjajal langsung lintasan.

Dirinya juga mengapresiasi langkah Polda Metro Jaya, yang mengadakan ajang Streetrace, bagi para pembalap yang kerap berlaga secara liar. Menurut Mulyadi, tentu ajang tersebut, bisa menjadi penyaluran bakat balap para anak muda, yang memiliki hobi balapan.

“Dengan adanya ajang Streetrace ini, pasti mendapat dukungan dari teman-teman. Soalnya, enak kalau ada balapan disini, jadi ada tempat menyalurkan hobi dan prestasi,” tandas Mulyadi. (pra)