Berita Bekasi Nomor Satu

KPU Sosialisasikan Regulasi Pemilu

SOSIALISASI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi, saat melakukan sosialisasi tahapan pemilu, kemarin.ISTIMEWA/RADAR BEKASI
SOSIALISASI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi, saat melakukan sosialisasi tahapan pemilu, kemarin.ISTIMEWA/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Waktu pemungutan suara untuk pemilihan umum (pemilu) dan pemilihan kepala daerah (pilkada)  2024 telah disepakati.  Kemarin, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi mensosialisasikan regulasi pemilu ke pengurus Parpol.

“Sosialisasi ini guna mensinergikan antara KPU dengan partai politik dan juga jajaran dari lembaga terkait untuk bisa kita memperoleh satu informasi yang sama, dan kesepahaman yang sama juga dalam rangka bersama-sama mensukseskan Pemilu 2024 mendatang,” kata kata Komisioner KPU Kota Bekasi, Ali Syaifa, Kamis (10/1).

Dalam kegiatan tersebut, KPU Kota Bekasi mensosialisasikan regulasi penyusunan Dapil, agar bisa disusun dengan mempertimbangkan 7 prinsip-prinsip dalam penyusunannya, yakni kesetaraan nilai suara, proporsionalitas, sistem pemilu yang proporsional, kemudian berkesinambungan, dan kohesivitas, serta lain sebagainya.

KPU menekankan kepada parpol yang dalam menyusun dapil untuk memperhatikan tujuh aspek prinsip tentang penetapannya,”Jadi, untuk kapan tahapan ini dilakukan kemungkinan baru dimulai di bulan Oktober 2022 sampai dengan Februari 2023. Estimasinya demikian,” jelasnya.

Liaison Officer (LO) Partai Gerindra Kota Bekasi Ali berharap, penyelenggaraan pesta demokrasi di tahun 2024 berjalan sesuai dari aturan dan ketentuan yang berlaku, sehingga tujuan kesuksesannya bisa terwujud. Begitu pula buat proses penyusunan, penataan, dan penetapan dapil di Kota Bekasi untuk agenda Pileg 2024.

“Yang pasti kesuksesan Pemilu dan Pilkada serentak 2024 itu bisa tercapai cuma dengan penyelenggaraan yang sesuai dengan aturan main dan ketentuan yang berlaku, dan kalau hal ini dilanggar maka sampai kapan pun kita gak bakal bisa mewujudkannya pelaksanaan Demokrasi yang diharapkan, khususnya guna meraih kehidupan yang lebih baik kedepan,” tandasnya. (mhf)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin