Enea Bastianini Buka Seri Perdana MotoGP dengan Victory

Enea Bastianini menjuarai seri perdana MotoGP 2022 di Sirkuit Internasional Losail, Qatar, Minggu (6/3). Foto: Reuters

RADARBEKASI.ID, DOHA – Pembalap Gresini Racing Ducati Enea Bastianini menjadi yang tercepat di seri pembuka MotoGP Qatar. Bertarung di Sirkuit Internasional Losail, Bastianini sukses mempecundangi pembalap top lainnya, Minggu (6/3).

Bastianini membuktikan dirinya sebagai salah satu penantang serius musim ini di atas motor Ducatinya, setelah pada sesi tes pramusim di Sepang bulan lalu mencatatkan waktu tercepat dari rival-rivalnya.


Pembalap asal Italia kembali menunjukkan kecepatannya setelah mengklaim posisi start kedua di babak kualifikasi GP Qatar dan tampil kompetitif di balapan sepanjang 22 putaran di Sirkuit Internasional Losail tersebut.

Meski posisinya sempat melorot setelah start yang buruk, Bastianini tak kehilangan kecepatan dan mampu menjaga performa bannya hingga menjuarai balapan 0,346 detik di depan Brad Binder dari tim KTM dan Pol Espargaro dari tim Repsol Honda.


“Susah bagi saya untuk bicara saat ini, saya dedikasikan kemenangan ini untuk Fausto,” kata Bastianini setelah lomba, terkenang dengan mendiang pendiri tim Gresini yang meninggal karena komplikasi COVID-19 pada musim lalu itu.

Pembalap tim Pramac Racing Jorge Martin, menjadi salah satu favorit. Namun dia gagal melaju dengan sempurna dari pole. Bahkan, Jorge Martin nyaris bertabrakan dengan pembalap lain, sehingga membuka jalan bagi Marc Marquez untuk memimpin lomba menuju tikungan pertama.

Belum genap satu putaran, Pol Espargaro yang start dari P6 mengambil alih pimpinan lomba dari Marc Marquez. Di lap ke-6, Brad Binder menyalip Marquez yang melebar di tikungan pertama dan Enea Bastianini melewati Joan Mir dan tak lama berselang menyalip Marquez untuk masuk zona podium.

Bastianini, dengan sembilan lap tersisa, tampil menekan sekuat tenaga dan mendapatkan celah untuk menyalip Binder demi tempat kedua dan mengejar Espargaro yang berjarak 1,2 detik di depan.

Bastianini yang pernah merasakan dua podium MotoGP dalam debutnya musim lalu, semakin memangkas defisit jaraknya dari sang pembalap Honda.

Memanfaatkan kekuatan Ducati di lintasan lurus utama, Bastianini sukses mempecundangi Espargaro yang kemudian melebar ke runoff tikungan pertama dengan lima lap tersisa.

Kesalahan Espargaro itu membuka jalan bagi Binder yang tampil fenomenal mengklaim runner-up untuk KTM setelah sang pembalap Honda gagal merestorasi posisinya.

Terlempar dari perebutan podium, Marquez bertahan mati-matian dari gempuran Aleix Espargaro yang kemudian melewatinya di enam lap terakhir.

Aleix Espargaro membawa pulang hasil positif untuk tim Aprilia di peringkat empat dan Marquez harus berpuas diri melengkapi lima besar.

Duet Suzuki Joan Mir dan Alex Rins finis P6 dan P7 di depan Johann Zarco dari tim Pramac.

Sementara itu, Yamaha tak bertaji di Qatar ketika Quartararo, yang sepanjang akhir pekan mengeluhkan top speed motor M1, hanya mampu finis P9 terpaut lebih dari 10 detik dari juara lomba.

Belum genap 10 putaran, Jack Miller harus kembali ke garasi Ducati dan menyudahi balapan pertamanya musim ini.

Ducati harus kehilangan lagi dua pembalap mereka ketika di lap-12, Francesco Bagnaia terjatuh setelah kehilangan grip depan saat mengambil tikungan pertama, memicu senggolan dengan Martin yang ikut terlempar ke gravel. (wsa)