Perlu Kolaborasi Kembangkan Sektor Wisata

SEGERA DIRESMIKAN: Warga melintas di area taman wisata air Kalimalang di Jalan M Hasibuan, Bekasi Selatan, Kota Bekasi. Taman yang dibangun dari dana Pemprov Jawa Barat itu menjadi salah satu destinasi wisata baru Kota Bekasi.  RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI. 

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Kota Bekasi yang identik dengan kota jasa dan perdagangan dengan banyaknya pusat perbelanjaan, perkantoran, perlahan mulai mengembangkan sektor pariwisata.

Beberapa lokasi wisata diantaranya Situ Rawa Gede, Hutan Bambu, Curug Parigi, Kampung Bali, serta sejumlah area publik yang direvitalisasi seperti Alun-Alun Kota Bekasi, Gedung Creative Center serta Taman Tematik di Kalimalang diproyeksikan menjadi destinasi wisata baru.


Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bekasi, Deded Kusmayadi mengatakan, akan terus menggali dan mengembangkan potensi wisata yang ada di Kota Bekasi dengan mengajak masyarakat untuk berkolaborasi.

“Kita akan terus menggali potensi wisata baru dan juga kita mengembangkan hal-hal yang bisa di kembangkan. Dengan hal itu kita juga mengajak masyarakat sekitar untuk berkolaborasi,” tuturnya.


Salah satu wisata yang di kembangkan seperti Kampung Bali yang berada di Jalan Merpati, Kelurahan Harapan Jaya, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi.

Lanjut Deded, Plt Wali Kota Bekasi memerintahkan untuk menata perencanaan wisata kuliner di sekitar Alun-Alun Kota Bekasi. Ia menambahkan selain di alun-alun sudah ada beberapa titik yang berpotensi untuk menjadi wisata kuliner seperti daerah Galaxy, Jalan Kartini, serta bantaran kali dekat Unisma.

“Plt Wali Kota sudah memerintahkan kita untuk menata wisata kuliner di sekitar alun-alun, selain itu ada beberapa titik seperti Galaxy, Jalan Kartini, serta samping bantaran kali dekat Unisma yang berpotensi menjadi wisata kuliner,” kata Deded.

Selama pandemi, sektor pariwisata pun ikut mengalami penurunan yang signifikan. Adapun progres Disparbud kedepannya perlahan memulihkan sektor pariwisata di Kota Bekasi.

“Ya mungkin ada penurunan cukup signifikan, untuk kedepan kita minimal memulihkan itu secara perlahan minimal ke target terdahulu,” tutupnya.(cr1)