Pelaksanaan Tunggu ’Lampu Hijau’ Polda

LOKASI VENUE: Pengendara sepeda motor melintas di Jalan Alun-alun Selatan Vida Bekasi, yang akan digunakan kegiatan Street Race di Padurenan, Mustikajaya Kota Bekasi, Senin (14/3). RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

Radarbekasi.id, Bekasi – Street Race, ajang balap untuk memfasilitasi pebalap liar di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya pada Februari 2022 harus ditunda karena meningkatnya kasus Covid-19. Termasuk gelaran street race yang akan dihelat di Kota Bekasi.

Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol Hengki mengatakan, ajang street race di Perumahan Vida, Kota Bekasi ditunda karena kasus pandemi Covid-19 serta sirkuit yang masih tahap perbaikan.


“Untuk street race belum tau sampai kapan, lagi pula masih pandemi Covid-19, sirkuit juga masih dalam perbaikan,” ujarnya pada Radar Bekasi, Senin (14/3).

Lokasi street race yang digagas Polda Metro Jaya sendiri berada di tiga lokasi meliputi, Kawasan Meikarta di Kabupaten Bekasi, Perumahan Vida di Kota Bekasi, dan Kawasan Bumi Serpong Damai (BSD) di Tangerang Selatan.


“Untuk lokasi kawasan ada tiga titik, Kabupaten Bekasi di kawasan Meikarta, Bekasi Kota di Perumahan Vida, dan Tangerang Selatan di BSD,” ucapnya.

Diketahui, untuk sirkuit Perumahan Vida, Kota Bekasi sedang dalam perbaikan yang langsung dipantau oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kota Bekasi sebagai lokasi yang nantinya akan dipergunakan sebagai lintasan.

“Sirkuit masih tahap perbaikan di bagian start nya dan langsung dikerjakan oleh Ketua IMI Kota Bekasi,” tuturnya.

Adapun pemilihan sirkuit Perumahan Vida sebagai lintasan balap karena memiliki jarak sekitar 500 meter dan pemilihan ini juga sudah tinjau dan disetujui oleh Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo beberapa waktu lalu.

“Pemilihan perumahan vida sebagai lintas balap karena memiliki jarak 500 meter yang dirasa cukup untuk balapan,dan Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo langsung menyetujui,” tutupnya.

Sementara, Ketua IMI Korwil Kota Bekasi, Komarudin memastikan pihaknya tinggal menunggu lampu hijau dari Polda Metro Jaya. Sejauh ini sejumlah persiapan juga tengah dilakukan. ”Jadi (penggunaan Sirkuit Vida). Tinggal tunggu lampu hijau dari Polda Metro Jaya karena berkaitan juga dengan kondisi pandemi,”ujar pria yang juga Anggota DPRD Kota Bekasi ini.

Komar juga menegaskan, perluasan area sirkuit tengah dilakukan, meski penggunaan sirkuit di track lurus, yang saat ini digunakan sebagai jalan umum di perumahan Vida Bekasi. Diketahui lokasi street race masih di area Vida Reka, sirkuit yang kerap digunakan pembalap IMI Kota Bekasi menjalani latihan. (cr1/one).