PDIP Kabupaten Minta Tambah Dapil      

ILUSTRASI : Sejumlah kader PDIP kabupaten Bekasi saat apel dihalaman kantor. PDIP Kabupaten Bekasi mengurulkan penambahan Dapil pada Pemilu 2024 nanti. ISTIMEWA/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Bekasi mengusulkan adanya penambahan Daerah Pemilihan (Dapil) pada Pemilu 2024, dari enam menjadi delapan Dapil.

Usulan tersebut disampaikan setelah kursi legislatif Kabupaten Bekasi akan bertambah menjadi 55 kursi, dari sebelumnya 50 kursi. Hal itu mengingat jumlah penduduk Kabupaten Bekasi sudah di angka tiga juta.


Wakil Ketua Bapilu DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bekasi, Jiovanno Nahampun mengatakan, pasca kedatangan Komisi Pemilihan Umum (KPU) ke kantor sekretariat PDI Perjuangan Kabupaten Bekasi, partainya sepakat dapil ditambah yakni delapan kursi, agar peluang Calon Legislatif (Caleg) lebih banyak di Pemilu 2024.

“Minimal ditambah menjadi tujuh dapil, tapi kalau kita si pengennya delapan dapil, agar peluang para Caleg semakin terbuka,” ujarnya kepada Radar Bekasi.


Usulan delapan dapil yang disampaikan partainya dinilai sudah pantas. Karena jumlah penduduk yang semakin meningkat. Kemudian pembangunan mulai dari fisik, Sumber Daya Manusia (SDM), dan lainnya sampai sekarang tidak merata. Misalkan dapilnya delapan pembangunan akan merata.

“Sekarang dapil IV hanya punya sepuluh dewan, dengan lima kecamatan. Sehingga tidak maksimal untuk menyerap aspirasi, tapi kalau itu dimekarkan dewan akan lebih fokus menyerap aspirasi masyarakat. Karena dapilnya lebih mengecil,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Bapilu DPD Golkar Kabupaten Bekasi, Arif Rakhman mengaku  partainya belum bisa memutuskan, karena sampai sekarang masih dalam kajian. Pasalnya, dalam persoalan ini tidak bisa langsung melakukan penambahan dapil maupun pengurangan.

“Kaji-kajian itu disesuaikan dengan aturan-aturan, mekanisme ketika ada perubahan dapil. Sekarang kajian itu belum selesai,” ucapnya. (pra)