Berita Bekasi Nomor Satu

Stand Up Comedy Kuatkan Nyali

Muhamad Rafli Rivaldi

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Muhamad Rafli Rivaldi merupakan pelajar SMKN 15 Bekasi yang memiliki kemampuan stand up comedy. Remaja berusia 18 tahun ini mengaku, menyukai dunia lawakan itu sejak masih duduk di bangku SMP.

“Saya suka stand up comedy karena tantangan untuk menguatkan nyali itu besar banget. Mengemas sebuah cerita dan bisa disampaikan secara rapi ke penonton itu satu hal yang mengasikkan,” ungkap Rafli-begitu sapaan akrabnya.

Ia kini sudah terbiasa untuk menyampaikan sebuah kisah nyata yang dikemas dalam sebuah lelucon. Menurutnya, sebagian orang menganggap bahwa bercerita kisah nyata atau yang pernah dialami merupakan sebuah aib yang harus ditutupi.

Namun, kata dia, justru hal tersebut menjadi konsep menarik yang bisa dibawakan dalam stand up comedy. “Kadang cerita kisah nyata yang dulu menurut kita aib yang harus ditutupi, seperti suka ngompol sampai dewasa. Justru menjadi hal yang menarik menurut kita sebagai stand up comedy, karena kita mengemasnya dalam bentuk cerita yang endingnya bukan olokan yang kita dapatkan tapi tepuk tangan dan tawa para penonton yang akan kita dapatkan,” jelasnya.

Meskipun demikian, tidak harus hal-hal yang bersifat aib yang bisa disampaikan dalam stand up comedy. Namun cerita-cerita lain yang cukup menarik tentu bisa menjadi bahan materi.

“Gak melulu aib kita yang disampaikan, contoh kalo temen cerita tentang gaya berpacaran menurut kita menarik untuk dijadikan materi bisa aja. Tapi semua itu harus seizin mereka mungkin dengan menyematkan nama inisial,” tuturnya.

Kini, stand up comedy menjadi profesi yang cukup banyak diminati para kaum milenial. Tentu embutuhkan mental yang kuat ketika harus tampil di depan banyak orang. “Stand up comedy itu modalnya materi good, cara penyampaian yang asik dan bagaimana kita bisa tetap tenang ketika penonton cuma diam atau tidak tertawa sedikitpun. Makanya mental harus kuat,” katanya.

Baru-baru ini Rafli berhasil meraih piala Plt Wali Kota Bekasi atas kemenangannya dalam kompetisi stand up comedy yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah dalam rangka HUT ke-25 Kota Bekasi.

“Alhamdulillah saya berhasil meraih penghargaan dalam event stand up comedy, meskipun kemampuan saya masih terbilang sedikit tapi jika ada usaha maka semua hal bisa kita lakukan,” pungkasnya. (dew)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin