Indonesia Kalah 0-3 dari Vietnam

Pemain Timnas Indonesia Ricky Kambuaya (tengah) berebut bola dengan pesepak bola Timnas Vietnam Binh Nguyen Thanh (kiri). Foto: Antara

 

RADARBEKASI.ID, PHU THO – Tim nasional U-23 Indonesia kalah dengan skor 0-3 dari Vietnam pada laga perdana mereka di Grup A sepak bola putra SEA Games 2021 di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Jumat (6/5).


Gol-gol Vietnam dilesakkan dua pemain senior (berusia di atas 23 tahun) mereka yaitu Nguyen Tien Linh dan Do Hung Dung, lalu ditambah sumbangan dari Le Van Do.

Pada pertandingan tersebut, pelatih Indonesia Shin Tae-yong menurunkan tiga pemain senior yakni Marc Klok, Ricky Kambuaya dan Fachruddin Aryanto. Di lini belakang, bek klub Persija Ilham Rio Fahmi mencatatkan debut bersama skuad “Garuda Muda”.


Di depan, trio Egy Maulana, Saddil Ramdani dan Irfan Jauhari menjadi tumpuan untuk menggedor pertahanan lawan.

Dengan komposisi seperti itu, Indonesia mampu menguasai laga setidak-tidaknya sampai 10 menit awal. Setelah itu, Vietnam mengambil alih kendali.

Pada menit ke-20 Vietnam mengancam melalui pergerakan Ly Chong Hoang Anh dari sisi kanan Indonesia yang dikawal bek Ilham Rio Fahmi. Ly Chong Hoang melewati Rio, tetapi umpannya persis ke depan gawang mampu dihalau Fachruddin Aryanto.

Indonesia bisa saja kebobolan pada menit ke-27 dari tendangan Nguyen Tien Linh andai kiper Muhammad Adi Satryo tidak melakukan penyelamatan gemilang. Skor 0-0 pun bertahan sampai pertandingan memasuki masa jeda.

Usai turun minum, pelatih Shin Tae-yong melakukan rotasi dengan memasukkan Syahrian Abimanyu untuk menggantikan Rachmat Irianto.

Setelah pertukaran terjadi, Vietnam justru mampu memecah kebuntuan melalui tendangan penyerang senior Nguyen Tien Linh pada menit ke-54 di depan gawang Muhammad Adi Satryo.

Melihat anak-anak asuhnya ketinggalan 0-1, Shin mengganti lebih banyak pemain. Nama-nama seperti Ronaldo Kwateh, Alfeandra Dewangga dan Witan Sulaeman pun mencicipi lapangan.

Akan tetapi, bukannya mampu membuat gol, Indonesia malah kembali tertinggal, kali ini berkat gol kapten Vietnam Do Hung Dung (74’). Hung Dung berhasil memanfaatkan umpan terobosan dari Tien Linh.

 

Pada menit ke-87, Indonesia yang terus berada dalam kurungan pemain Vietnam kebobolan gol ketiga dari Le Van Do. Bola hasil sepakan Van Do dari luar kotak penalti salah diantisipasi oleh Fachruddin Aryanto yang membuat kiper Adi Satryo tak mampu menahan bola.

Indonesia pun kalah 0-3 dari Vietnam, yang membuat “Garuda Muda” untuk sementara berada di peringkat ketiga Grup A. Vietnam masih berada di posisi kedua karena kalah selisih gol dari Filipina yang pada laga sebelumnya menundukkan Timor Leste 4-0.

Berikutnya di Grup A, Selasa (10/5), Indonesia akan menghadapi Timor Leste di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, mulai pukul 19.00 WIB. (wsa)