Guru dan Siswa Halalbihalal Sebelum Pembelajaran

ILUSTRASI: Sejumlah siswa SMPN di Kota Bekasi saat mengikuti pembelajaran tatap muka. Pada hari pertama masuk sekolah, guru dan siswa halalbihalal sebelum pembelajaran. ISTIMEWA

 

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Siswa di Kota Bekasi akan kembali masuk sekolah pada Kamis 12 Mei 2022 setelah libur Idulfitri. Proses pembelajaran tatap muka hari pertama dipastikan akan berlangsung secara normal seperti biasa.


Kepala SMPN 2 Kota Bekasi Rudi Winarso mengatakan, pada 12 Mei 2022 siswa akan langsung mengikuti kegiatan pembelajaran secara normal. “Pada hari Kamis nanti, siswa akan langsung belajar secara normal kembali,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Senin (9/5).

Namun sebelum kegiatan pembelajaran dimulai, ujar dia, sekolah akan lebih dulu mengadakan kegiatan halalbihalal secara terbatas bersama siswa dan guru.


“Jadi di hari Kamis nanti, skemanya kegiatan halalbihalal dulu. Baru siswa akan kembali ke kelas untuk melakukan pembelajaran secara normal sesuai dengan jadwal pembelajaran di hari tersebut,” tuturnya.

Menurutnya, masih banyak materi pembelajaran yang harus dituntaskan oleh siswa, sebelum akhirnya mengikuti kegiatan ujian akhir semester pada Juni 2022.

“Di kalender pendidikan, kegiatan ujian siswa akan dimulai pada Juni, jadi kegiatan belajar memang harus langsung dimulai karena masih banyak materi yang harus dituntaskan,” ucapnya.

Libur lebaran yang dijalani oleh siswa sejak 25 April – 11 Mei 2022 dinilai sudah lebih dari cukup. Sehingga pada 12 Mei nanti siswa diminta sudah siap untuk mengikuti kegiatan belajar.

“Liburnya sudah cukup panjang untuk beristirahat, jadi di hari Kamis nanti siswa sudah harus siap belajar kembali,” katanya.

Hal senada disampaikan oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas SMAN 8 Bekasi Istiyo Wahyuni. Ia mengungkapkan, kegiatan belajar mengajar (KBM) akan langsung dimulai pada hari pertama masuk sekolah.

“Kegiatan KBM akan langsung kami mulai, tapi memang sebelumnya kami akan melangsungkan halalbihalal kurang lebih satu jam,” jelasnya.

KBM yang akan dilaksanakan pada 12 Mei 2022 masih dilakukan secara terbatas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Sama halnya dengan sekolah lain, kegiatan KBM langsung dimulai karena beberapa materi harus segera dituntaskan oleh siswa dalam kegiatan belajar di sekolah.

“Ada beberapa materi yang memang harus dituntaskan, karena siswa juga akan menghadapi ujian akhir semester. Jadi KBM langsung dimulai,” tuturnya. (dew)