Seluruh Siswa SMA Dinyatakan Lulus

ILUSTRASI: Sejumlah siswa SMAN 1 Bekasi saat mengikuti upacara. Seluruh siswa SMA di wilayah KCD  Pendidikan Wilayah III dinyatakan lulus pada tahun ini. DOKUMEN/RADAR BEKASI

 

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Seluruh siswa SMA di wilayah Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah III dinyatakan lulus pada tahun ini. Kepala KCD Pendidikan Wilayah III Asep Sudarsono mengatakan, pengumuman kelulusan sudah disampaikan kepada seluruh siswa kelas XII oleh sekolah masing-masing melalui laman resmi pada 5 Mei 2022.


“Pengumumannya sudah diberikan oleh pihak sekolah masing-masing melalui website sekolah,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Rabu (11/5).

Berdasarkan laporan yang diterima oleh KCD, pada tahun ini seluruh siswa kelas XII dinyatakan lulus 100 persen. Rinciannya, SMA di Kota Bekasi 31.186 dan Kabupaten Bekasi 15.789 siswa.


“Alhamdulillah mendengar hasil laporan dari sekolah, tahun ini seluruh siswa dinyatakan lulus 100 persen,” ucapnya.

Penilaian kategori kelulusan dilihat dari beberapa aspek. Antara lain, siswa dapat menuntaskan atau memiliki nilai pada proses pembelajaran selama lima semester, siswa memiliki nilai kelakukan minimal baik, dan siswa mengikuti kegiatan ujian sekolah.

Lebih lanjut dikatakan Asep, jika siswa dapat memenuhi penilaian dalam kategori kelulusan, maka sekolah wajib meluluskannya. “Jadi kan kebijakan lulus atau tidak itu ada di sekolah melalui rapat sidang pleno, nah jika dari rapat sidang pleno tadi siswa memenuhi kategori penilaian, maka sekolah wajib meluluskan siswanya, ” jelasnya. Asep berharap, 80 persen sampai 90 persen lulusan SMA dapat melanjutkan pendidikan tinggi di berbagai universitas negeri maupun swasta. (dew)