784 Anak Yatim Piatu Korban Covid-19 Tetap Dapat Bantuan

Anak yatim piatu korban Covid-19 tetap mendapatkan bantuan.

 

RADARBEKASI.ID, BEKASI TIMUR – Dinas Sosial Kota Bekasi mengumumkan untuk tahun ini bantuan anak yatim piatu yang orang tuanya meninggal dunia akibat Covid – 19 di Kota Bekasi mengalami penurunan angka dibandingkan tahun lalu. Tahun ini angkanya berada di 784 anak, tahun sebelumnya berada di 946 anak.


“Untuk tahun ini bagi anak yatim-piatu yang akan mendapatkan bantuan Covid-19 angkanya mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu,” kata Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Kota Bekasi Epih Hanafi kepada RADARBEKASI.ID, saat dihubungi, Selasa (24/05).

Lanjut Epih juga mengatakan, pengurangan angka terhadap bantuan anak yatim-piatu akibat Covid-19 tersebut. Diantaranya terjadi dikarenakan ada beberapa faktor.


“Seperti ada yang sudah pindah domisili atau ada pula yang sudah ikut ke keluarganya masing-masing. Di luar daerah Kota Bekasi,” ujarnya.

Sehingga, mengenai hal ini, pihaknya tentunya akan kembali memperbaharui setiap data anak yatim-piatu dibtahun ini. Maka, yang benar valid nantinya akan mendapatkan bantuan Covid-19.

“Kalo untuk pengurangan jumlah itu kan ada macam-macam, ada yang mereka sudah melakukan perpindahan mungkin. Atau sudah ada yang ikut dengan keluarganya di luar daerah Kota Bekasi. Jadi untuk setiap tahun mengenai angkanya akan berkurang,” terangnya.

Ia juga menerangkan, pada mulanya di Tahun 2021 bagi anak yatim-piatu yang orangtuanya meninggal dunia karena Covid-19. Dinsos Kota Bekasi mendata terdapat sebanyak 946 orang anak yatim-piatu yang tersebar disetiap wilayah Kecamatan di Kota Bekasi.

Namun dari catatan yang 946 orang itu yang mendapatkan bantuan, hanya terdapat sebanyak 911 anak saja yang mendapatkan bantuan dari Kementerian Sosial.

“Dari 946 orang yang terdata, ada yang melakukan perpindahan dan lain sebagainya, Sehingga untuk tahun lalu bagi anak yatim-piatu yang mendapatkan bantuan Covid-19 terdapat sebanyak 911 orang,” jelasnya

Ia menambahkan, sedangkan untuk tahun ini mengenai bantuan Covid-19 kepada anak yatim-piatu itu, Nantinya dijadwalkan akan diberikan pada bulan depan.

“Insyaallah di bulan depan akan kita salurkan kepada mereka. Karena mengenai bantuan ini diberikan per tiga bulan sekali dan melalui besaran bantuannya yakni sebesar Rp. 200 ribu per anaknya dan bantuan itu akan diberikan dari Kementerian Sosial kepada mereka yang terdampak melalui via rekening yang diwakili oleh Wali dari anak tersebut,” tutupnya. (pay)