Perang Rusia Ukraina Bikin Batal Moto GP Finlandia 2022

Perang Rusia Ukraina Bikin Batal Moto GP Finlandia 2022
Sirkuit Moto GP Finlandia dalam tahap pengerjaan. Moto GP Finlandia 2022 dibatalkan karena perang Rusia Ukraina masih berkecamuk di perbatasan Finlandia.

 

RADARBEKASI.ID, FINLANDIA – Moto GP akhirnya memutuskan untuk membatalkan Moto GP Finlandia yang bakal digelar 8-10 Juli.


Dengan keputusan itu kalender balap musim ini berkurang menjadi 20 seri.

Pernyataan bersama antara FIM, Dorna, dan asosiasi tim peserta IRTA pembatalan tersebut terkait dengan perkembangan situasi geopolitik di wilayah tersebut.


“Dengan berat hari kami harus membatalkan Moto GP Finlandia 2022,” bunyi pernyataan resmi tersebut.

“Situasi terkini telah berdampak pada penundaan pembangunan dan membuat penyelesaiannya terancam terlambat.”

”Semua pihak telah sepakat bahwa penyelenggaraan balapan di sirkuit tersebut ditunda sampai 2023, saat Moto GP kembali ke Finlandia untuk kali pertama setelah 4 dekade.”

Faktor geopolitik yang dimaksud adalah masih berkecamuknya perang di Rusia dan Ukraina yang merupakan negara tetangga Finlandia.

KymiRing, yang meneken kontrak dengan Moto GP selama lima tahun, rencananya menggelar balapan pada 8-10 Juli. Atau balapan terakhir sebelum jeda musim panas.

Kini, jeda musim panas diperkirakan akan diperpanjang. Mulai dari akhir Juni setelah Moto GP Belanda sampai awal Agustus. (zar/jpc)