Berita Bekasi Nomor Satu

Kendala Penemuan Anak Ridwan Kamil disebabkan Dingin dan Keruh

Kendala penemuan anak Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat Emmeril Kahn Mumtadz , dalam proses pencarian yang hilang di Aare di Swiss sejak Kamis (26/5).

Radarbekasi.id- Kendala penemuan anak Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat Emmeril Kahn Mumtadz , dalam proses pencarian yang hilang di Aare di Swiss sejak Kamis (26/5).

Duta Besar Indonesia untuk Swiss, Muliaman Darmansyah Hadad menjelaskan, proses pencarian Eril (nama panggilan Emmeril, Red), masih terus dilanjutkan.

Tapi, di lapangan ada sejumlah kendala yang dihadapi oleh tim SAR yang terdiri dari kepolisian Swiss, polisi sungai, pemadam kebakaran, dan tim medis.

“Pada saat itu suhu air Sungai Aare diperkirakan sekitar 16 derajat Celsius dengan arus cukup kuat. Ini merupakan satu tantangan yang berat dalam proses pencarian Eril,” papar Muliaman pada konferensi pers, Sabtu (28/5).

Selain faktor suhu yang dingin, sambung Muliaman Darmansyah Hadad, kendala lainnya adalah kekeruhan air.
Berdasar keterangan tim SAR setempat, kata Muliaman Darmansyah Hadad, air sungai Aare yang merupakan lelehan salju dari puncak gunung pada beberapa kondisi memang bisa berubah-ubah sesuai faktor alam dan cuaca.

“Sekali lagi tentu saja penyelaman terutama disesuaikan dengan situasi, sebab kalau airnya keruh karena bekas hujan misalnya, atau bekas salju, karena danau dan Sungai Aaree ini airnya adalah datang dari salju yang meleleh, sehingga kemudian relatif dingin suhunya, ini jelas menyulitkan tim SAR,” sambung Muliaman.

Biasanya, salju membentuk kristal putih, hal ini menurut penuturan tim pencarian, membuat air sungai menjadi keruh. Bisa saja terlihat bersih dari atas permukaan, namun di kedalaman tidak bisa terlihat sama sekali.

Lebih lanjut, dia menegaskan bahwa pihak otoritas setempat tentu sudah mengantisipasi segala kendala.

“Pada dasarnya, pihak otoritas memberikan ataupun menyiapkan berbagai macam metode yang available disesuaikan dengan situasi setempat, dengan waktu yang tepat tentu saja di dalam setiap proses pencarian. Yang jelas tim SAR sudah komit untuk melakukan upaya terbaik,” paparnya.

Dalam kesempatan yang sama, adik kandung Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzaman yang mewakili pihak keluarga meminta doa kepada masyarakat.

Dalam proses pencarian Eril, dirinya meminta doa masyarakat agar proses pencarian senantiasa dimudahkan.

“Yang jelas kami memohon dengan sangat doa dari masyarakat, khususnya warga Bandung. Doakan Eril, doakan agar proses pencarian Eril dapat berjalan lancar dan Eril bisa ditemukan dalam keadaan selamat,” pungkas Elpi. (jpc)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin