Berita Bekasi Nomor Satu

Komisi 3 Dukung Terobosan Baru Tingkatkan PAD Sektor PBB

Wakil Ketua Komisi 3 DPRD Kota Bekasi H. Bambang Supriyadi saat reses beberapa waktu lalu. Foto Istimewa.

 

RADARBEKASI.ID, BEKASI TIMUR – Potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) sangat besar apabila dilakukan dengan cara-cara yang bijak. Salah satunya dari sektor Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang saat ini mencapai Rp 500 miliar lebih dalam setahun.

Wakil Ketua Komisi 3, H. Bambang Supriyadi mengatakan, pendapatan PBB akan dapat ditingkatkan lagi apabila mitra kerja Komisi 3, yakni Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) intens berkomunikasi dengan Komisi 3 untuk mencapai potensi PAD dari sektor PBB.

Bambang mencontohkan, perubahan wajib pajak berkaitan dengan PBB. Saat beli rumah atas nama pemilik yang lama PBB-nya pun harus diubah menjadi pemilik rumah yang baru.

“Caranya bagaimana? supaya dengan cara apapun daftarkan ulang itu harus disosialisasikan ke masyarakat. Jangan sampai PBB masih nama pemilik yang lama. Administrasi pun jangan dipersulit harus cepat,” kata Haji Bambang sapaan akrabnya kepada RADARBEKASI.ID, saat dihubungi, Selasa (7/6).

Kemudian, lanjut dia, perubahan fisik bangunan. Didasari misalnya tahun 2020 beli rumah standar. Bayar PBB-nya standar. Ketika bangunannya meningkat jadi tiga lantai.

Artinya, sambung Jibang-panggilan akrabnya, perubahan fisik itu menentukan pajaknya. Itu perlu dilakukan upaya-upaya bagaimana perubahan wajib pajak tersebut nilainya bisa bertambah.

“Nah itu kalau dilakukan oleh Bapenda maka saya yakin seyakin-yakinnya 50 persen dari capaian sekarang itu bisa bertambah. Hal tersebut harus digenjot, pokoknya apapun tentunya masukan-masukan yang dibutuhkan akan kita bantu,” ucapnya.

Namun, jika ada kendala terhadap itu pastinya ada kendala. Apa kendalanya nanti Komisi 3 bisa bahas bersama terkait masalah itu. Serta berapa anggaran yang dibutuhkan untuk program tersebut. Ini perlu kerja keras tentunya dari pihak-pihak terkait begitu juga Komisi 3.

“Karena ini hal yang sangat positif untuk meningkatkan PAD Kota Bekasi. Saya juga butuh pandangan dari masyarakat dengan menyampaikan aspirasi kepada anggota dewan perwakilannya agar dapat disampaikan,” tutur Jibang.

Ia juga mengaku kalau sinergi jangan hanya cukup di dewan saja. Bagaimana dewan bersinergi dengan masyarakat, dewan bersinergi dengan OPD dan Pemerintah.

“Untuk membangun Kota Bekasi perlu itu. Berlu sinergitas yang harus dibangun baik dari masyarakat, OPD dan Dewan. Kita akan dukung apabila Bapenda insten berkomunikasi terkait potensi pendapatan,” ungkapnya. (adv)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin