Siswa SMK PKL Juli, Sekolah Beri Pembekalan

PRAKTIK: Sejumlah siswa jurusan teknik kendaraan ringan salah satu SMK di Bekasi saat praktik di sekolah. Siswa SMK akan menjalani PKL mulai Juli 2022. DEWI WARDAH/RADAR BEKASI

 

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Siswa SMK akan menjalani praktik kerja lapangan (PKL) mulai Juli 2022. Saat ini, pihak sekolah sudah memberikan pembekalan kepada peserta magang tersebut.


Wakil Kepala Sekolah Bidang Hubungan Industri SMKN 2 Cikarang Barat Euis Khoirunnisa mengatakan, siswa akan melaksanakan PKL mulai bulan depan. Tercatat sebanyak 535 siswa kelas XI akan PKL di sejumlah industri wilayah Bekasi.

“Siswa kami akan melaksanakan kegiatan PKL di beberapa industri yang memang sudah melakukan kerjasama dengan pihak sekolah,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Rabu (15/6).


Saat ini, hampir 100 perusahaan yang berada di Kota maupun Kabupaten Bekasi, DKI Jakarta, Tangerang, dan Bandung yang sudah kerjasama dengan SMKN 2 Cikarang Barat.

Menurut Euis, pihaknya sudah memberikan pembekalan kepada siswa yang akan PKL. “Selain pembekalan kepada siswa, kami juga ingatkan kepada orangtua siswa untuk memberikan dukungan kepada anaknya yang menjalankan kegiatan PKL,” katanya.

Diakui, saat awal pandemi siswa sulit untuk melaksanakan PKL karena adanya berbagai kebijakan pembatasan. Dirinya bersyukur PKL dapat dilaksanakan oleh siswa  tahun ini.

“Tahun lalu pelaksanaan PKL memang kita anggap sulit sekali, karena beberapa perusahaan menutup rapat industrinya untuk tidak menerima siswa PKL. Tapi untuk tahun ini sepertinya hal yang serupa tidak terjadi lagi,” katanya.

Hal senada disampaikan Kepala Bursa Kerja Khusus SMK Bisnis dan Teknologi Kota Bekasi Riono. Ia menyampaikan, pelaksanaan PKL akan dimulai pada Juli 2022.

“Kami akan mulai start Juni. Saat ini kami sudah melakukan persiapan seperti pembekalan kepada sejumlah siswa kelas XI,” ucapnya.

Sebanyak 330 siswa kelas XI SMK Bistek Kota Bekasi akan melaksanakan PKL di beberapa perusahaan yang sudah bekerjasama dengan sekolah. “Dari sekarang nama-nama siswa sudah kami berikan kepada beberapa perusahaan yang akan menerima mereka PKL sesuai dengan jurusannya,” katanya.

PKL akan dilakukan siswa selama kurung waktu tiga bulan. Pada tiga bulan terakhir siswa diminta untuk membuat laporan hasil PKL untuk kemudian dipresentasikan kepada pihak sekolah. (dew)