Rutin Membaca dan Menulis Malam Hari

Tiara Oktafiana

 

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Tiara Oktafiana (14) merupakan pelajar yang cukul produktif. Buktinya, waktu uang selalu dimanfaatkannya dengan berkegiatan ringan seperti menulis dan membaca buku, cerita pendek (cerpen) maupun puisi.


Kegiatan tersebut sudah menjadi rutinitasnya sejak beberapa tahun lalu. “Membaca dan menulis merupakan hobiku sejak kecil. Kalau libur sekolah apalagi waktu pandemi belajar di rumah, aku sering membaca banyak buku dan menulis cerpen atau puisi,” ungkap siswa SMPN 1 Cibitung tersebut.

Tiara-begitu disapa mengatakan, tulisan cerpen dan puisi sebagian besar terinspirasi dari buku-buku yang pernah dibaca di waktu luang.


“Makanya aku suka baca, karena dari situ aku punya inspirasi untuk membuat hasil karya puisi dan cerpen,” ucapnya.

Membaca dan menulis dilakukannya saat malam hari. Menurutnya, malam hari merupakan waktu yang tepat untuk berkegiatan tersebut. “Aku ngerasa banyak ketenangan ketika di malam hari,” ucapnya.

Hasil karya cerpen maupun puisinya selama ini hanya untuk simpanan pribadi. Tidak untuk konsumsi publik atau diikutsertakan lomba karena Tiara merasa belum percaya diri alis pede.

“Sementara ini aku belum pede buat ikut lomba membuat hasil karya, jadi karya-karya cerpen dan puisi yang sudah dibuat hanya untuk aku baca dan simpan sendiri,” tuturnya.

Kedepan, dirinya berharap kemampuan menulis dan percaya dirinya dapat terbangun. Sehingga hasil karyanya bukan hanya menjadi arsip untuk dirinya sendiri.

“Aku pengen ikut berbagai event perlombaan, tapi aku bingung harus mulai dari mana dan belum pede juga dengan hasil karya yang aku buat. Semoga saja kemampuanku dalam menulis karya bisa lebih baik dan bisa lebih berani untuk mengikuti berbagai event perlombaan,” pungkasnya. (dew)