Pesta Demokrasi Wilayah di Bulan Kemerdekaan

MERAH PUTIH: Perpaduan warna khas bendera Indonesia Merah dan Putih menghiasi lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) di pemilihan RT 015/017 Kelurahan Durenjaya, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi. SURYA BAGUS/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Kemeriahan bulan kemerdekaan Republik Indonesia terlihat pada pemilihan ketua RT di wilayah RT 015/017, Kelurahan Durenjaya, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi. Pesta demokrasi dengan nuansa merah putih dipilih pihak panitia.

Surya Bagus


BEKASI TIMUR

Semangat kemerdekaan sudah terasa di setiap wilayah di Kota Bekasi, bendera merah putih hingga umbul-umbul khas bulan kemerdekaan sudah terpasang sejak awal bulan Agustus lalu. Semangat kemerdekaan menjalar ke berbagai kegiatan masyarakat, tak terkecuali pemilihan ketua RT yang bertepatan di bulan kemerdekaan Indonesia.


Malam minggu dipilih sebagai waktu yang tepat oleh panitia pemilihan RT 015/017, supaya seluruh warga bisa hadir dan memilih ketua RT yang akan memimpin selama lima tahun kedepan. Pertimbangan ini benar, tenda dan kursi yang disiapkan oleh panitia terisi penuh, beberapa diantaranya bahkan harus berdiri.

Lokasi kegiatan tepat berada di depan sekretariat RT. Begitu tiba, warga disuguhkan dengan tema serba merah putih, mulai dari tenda, kursi, bilik suara, hingga kotak suara, semua bernuansa merah putih. Ditambah seragam batik yang dikenakan oleh panitia menambah semangat keIndonesiaan. Pengurus RT lain di sekitarnya ikut hadir, bersama dengan perwakilan RW 017, serta kelurahan.

Pukul 08.00, satu persatu warga yang tinggal di wilayah RT 015/017 berdatangan, mengisi bangku yang disediakan oleh panitia. Tema acara malam itu Bersama Kita Bisa, berisi semangat kebersamaan dan kerukunan antar warga, semua bersepakat untuk bergotong royong membangun lingkungan.

“Ini sekaligus momentum bagi kita, bahwa RT 015 bersama dengan pengurus mulai saat ini kita punya slogan bersama kita bisa,” kata ketua pemilihan RT, Suranto, Sabtu (13/8).

Selama perjalanan pemilihan ketua RT kata Suranto, panitia telah menjaring tiga calon ketua RT. Penjaringan calon dilakukan secara profesional, panitia menampung setiap warga yang telah memberikan kontribusi besar kepada lingkungan dengan cara mendatangi rumah-rumah warga, hingga akhirnya didapat tiga calon yang memutuskan kesediaannya untuk melayani warga lima tahun ke depan.

Suranto mempersilahkan setiap kepala yang tinggal di RT 015 dan memenuhi persyaratan memilih untuk menggunakan haknya. Memilih ketua RT dengan cermat dan penuh pertimbangan.

“Kita tidak memilih penguasa, tapi kita memilih pemimpin yang akan mengarahkan warganya 5 tahun ke depan, sampai tahun 2027,” tambahnya.

Regenerasi adalah sesuatu yang penting bagi setiap organisasi, termasuk organisasi di tingkat RT. Pengurus RT yang malam itu segera mengakhiri masa kepengurusan mereka memiliki harapan besar agar pengurus selanjutnya memiliki dedikasi tinggi dalam mengorganisasi masyarakat di lingkungan.

“Semoga ketua RT yang terpilih bisa menjadi ketua RT yang amanah dan berdedikasi,” ungkap Ketua RT periode 2019-2022, Muryaman.

Panitia memanggil satu per satu warga yang hadir untuk memilih. Setiap orang mendapat satu kertas suara, di dalamnya berisi foto dan nama tiga calon ketua RT, selanjutnya masuk ke bilik suara yang telah diselimuti kain merah putih untuk menjaga kerahasiaan setiap orang untuk memilih.

Setelah mencoblos, kertas suara dimasukkan ke dalam kotak suara yang juga diselimuti kain merah putih. Satu per satu warga menggunakan haknya, hingga 91 kepala yang hadir dipastikan telah menggunakan hak suara, tidak boleh ada yang terlewat.

Prosesi pemilihan dilanjutkan dengan perhitungan suara secara langsung di depan puluhan warga, sorak mewarnai setiap kali panitia menyebut nama calon ketua RT yang dipilih.

Hingga suara ke 91, Budi Hartono dinobatkan sebagai ketua RT terpilih periode 2022-2027 dengan total perolehan suara 61, disusul oleh Sudiman dengan total perolehan suara 24, dan Wawan Rachmawan dengan total perolehan suara 4, dua suara diantaranya dinyatakan tidak sah.

Tidak ada yang merasa dikalahkan dan mengalahkan, semua calon menerima hasil pemilihan yang dilakukan malam itu. Calon yang terpilih berjanji melaksanakan amanah dengan sebaik-baiknya, dua calon lainnya bersedia mendukung dan membangun lingkungan bersama-sama.

“Mudah-mudahan ke depan insyaallah saya akan menjalankan sesuai dengan apa yang diharapkan bapak dan ibu,” ungkap ketua RT terpilih, Budi Hartono.

Setelah bersorak Sorai dan diakhiri memberikan ucapan selamat kepada ketua RT terpilih, acara diakhiri, warga kembali ke rumah masing-masing dengan harapan baru. (*)