PDIP Bakar Semangat Nasionalisme Kader

UPACARA : Sejumlah pengurus dan kader PDIP Kota Bekasi, saat mengikuti upacara perayaan hari jadi ke 77 tahun RI, kemarin. SURYA/RADAR BEKASI

 

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia terselenggara berbagai titik di Kota. Bekasi, termasuk di Kantor Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Jalan Chairil Anwar, Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi. Beberapa rangkaian kegiatan dilakukan melibatkan kader partai, Rabu (17/8).


Upacara bendera dimulai pukul 07:00 WIB. Upacara berjalan hikmat, suasana hening seketika pemimpin upacara, Nicodemus Godjang memasuki lapangan upacara. Sementara Sekretaris DPC PDIP Kota Bekasi, Ahmad Faisyal Hermawan berperan sebagai pembina upacara, berakhir sekira pukul 08:00 WIB.

Kegiatan ceremony sakral menjelang detik-detik proklamasi kata Faisyal, rutin dilakukan setiap tahun, dan melibatkan kader partai. Selain memperingati hari kemerdekaan, kegiatan ini juga momentum untuk meningkatkan jiwa nasionalisme dan patriotisme kader partai di Kota Bekasi.


“Kegiatan ini semata-mata dilakukan untuk meningkatkan rasa patriotisme kita, rasa nasionalisme kita sebagai bangsa Indonesia,” kata Faisyal.

Selain upacara bendera, pengurus DPC mengajak kader partai ikut serta dalam beberapa kegiatan. Setelah upacara di halaman kantor DPC, dilanjutkan dengan menyaksikan upacara detik-detik proklamasi yang berlangsung di istana negara secara langsung.

Upacara peringatan disaksikan melalui siaran langsung di dalam gedung DPC. Rangkaian kegiatan dilanjutkan, berkunjung ke makam Pahlawan Nasional dari Bekasi, KH Noer Alie.

“Pesannya, maknanya, jelas. Bahwa kita harus bisa menghargai jasa para pahlawan kita yang sudah mengeluarkan tetesan darah, bahkan dengan nyawa,” tambahnya.

Generasi penerus sudah jelas tidak perlu berjuang dengan cara mengangkat senjata dan bambu runcing. Yang dibutuhkan saat ini, mengisi kemerdekaan dengan ide-ide kreatif dalam membangun masa depan bangsa lebih baik lagi.

Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat adalah tema dengan makna besar HUT RI ke 77 tahun ini. DPC PDIP Kota Bekasi memaknai tema Ini sebagai satu kalimat yang relevan dengan kondisi bangsa yang telah beranjak bangkit dari situasi pandemi Covid-19.

Pulih dan bangkitnya bangsa Indonesia bisa dicermati dari rangkaian pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo yang disampaikan di depan sidang tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Bahwa, ada hal-hal positif dari sisi pembangunan, ekonomi, dan lain-lain.

“Kita sebagai bangsa juga harus optimis negara kita bisa lebih besar dari negara lain, khususnya kita sebagai warga Kota Bekasi,” tukasnya. (Sur/pms)