Berita Bekasi Nomor Satu

SMPN 16 Kota Bekasi Fasilitasi Kebutuhan Siswa Raih Prestasi

BERI SERTIFIKAT PENGHARGAAN: Kepala SMPN 16 Kota Bekasi Ria Murdiati memberikan sertifikat penghargaan kepada para siswa pemenang juara 3 Basket O2SN, Selasa (16/8). ISTIMEWA

 

RADARBEKASI.ID, BEKASI – SMPN 16 Kota Bekasi terus berupaya meningkatkan mutu sekolah agar dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas. Salah satu caranya dengan memfasilitasi kebutuhan peserta didik dalam meraih prestasi.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMPN 16 Kota Bekasi Siti Nurul Melati mengatakan, siswa wajib mengikuti ekstrakurikuler di sekolah. Tiap tahun ajaran sekolah menyelenggarakan latihan dasar kepemimpinan siswa (LDKS) bagi peserta didik baru.

“Di kegiatan itu para siswa baru sudah diwajibkan untuk mengikuti ekstrakurikuler yang terdapat di sekolah,” ungkapnya kepada Radar Bekasi, Selasa (16/8).

SMPN 16 Kota Bekasi memiliki kurang lebih 10 ekskul yang terdiri dari beberapa bidang, antara lain di bidang olahraga terdapat ekskul basket, futsal, pencak silat, lalu bidang seni terdapat seni tari dan paduan suara, terdapat ekskul di bidang akademik salah satunya Karya Ilmiah Remaja (KIR) dan masih banyak ekskul lainnya.

Sebagaimana salah satu tujuan terbentuknya ekskul adalah untuk meningkatkan prestasi para siswa, Nurul mengatakan, pihaknya berusaha untuk memfasilitasi kebutuhan para siswa.“Alhamdulillah kita juga ada dana BOS ya, jadi kalau siswa mau ikut lomba lomba seperti FL2SN, O2SN, dan lain-lain insya allah kita pasti bantu.” ujarnya.

Setiap ada kompetisi yang diikuti oleh para siswa, Nurul mengatakan, merupakan sebuah kewajiban pihak sekolah untuk selalu mendampingi para siswanya dalam berkompetisi. Ia juga menambahkan, pihak sekolah akan terus mendukung dan memfasilitasi kebutuhan para siswa agar dapat lanjut mengembangkan minat dan bakatnya sehingga menghasilkan prestasi yang lebih banyak.

“Selama kita mampu kita pasti selalu mendukung anak-anak untuk memenuhi kebutuhannya dalam berprestasi. Selain itu juga kita melakukan kerja sama dengan orangtua murid dalam memenuhi hal tersebut,” ungkap Nurul.

Pihak sekolah juga memberikan kemudahan kepada para siswa yang akan mengikuti lomba. “Kita juga selalu memberikan kemudahan kalau para siswa mengikuti lomba-lomba seperti mengizinkan atau dapat surat dispensasi dari sekolah, kemudian tidak kita beratkan di tugas sekolah seperti kita berikan keringanan berupa tugas susulan, kalau ada ulangan dia bisa ulangan susulan juga,” ujar Nurul.

Dukungan yang selalu diberikan pihak sekolah untuk meningkatkan kualitas para peserta didik merupakan sebuah kebiasaan dan kewajiban yang dilakukan dari dahulu. Dari dukungan tersebut, SMPN 16 Kota Bekasi juga telah menghasilkan beberapa alumni yang membanggakan.

Salah satunya Grandmaster Pecatur Putri Indonesia yang kini telah mendunia yaitu Irene Kharisma Sukandar merupakan lulusan dari SMPN 16 Kota Bekasi.

Dengan begitu, menunjukan bahwa SMPN 16 Kota Bekasi telah berhasil dalam melakukan upayanya untuk mendukung para siswa agar menjadi orang yang sukses. “Kita harus mempertahankan mulai dari kualitas sumber daya manusia serta para pengajar dan mutu sekolah. Kita juga terus mengusahakan agar sekolah ini terus meningkat dari tahun ke tahun,” harap Nurul. (cr1)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin