Eka Hospital Group Tingkatkan Kemampuan Nakes  

Eka Hospital Group resmi menjalin kerja sama dengan Cedars Sinai Hospital, Los Angeles, California. Penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) dilakukan oleh Chief Operation Officer (COO) Eka Hospital Group, Drg. Rina Setiawati bersama Dr. Heitham Hassoun selaku Vice President and Medical Director International Cedars Sinai Hospital di The Westin Jakarta pada Rabu, (24/8) serta dihadiri oleh Direksi Eka Hospital, Sinar Mas serta Direksi Cedars Sinai Hospital. ISTIMEWA

RADARBEKASI, BEKASI – Eka Hospital Group resmi menjalin kerja sama dengan Cedars Sinai Hospital, Los Angeles, California. Penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) dilakukan oleh Chief Operation Officer (COO) Eka Hospital Group, Drg. Rina Setiawati bersama Dr. Heitham Hassoun selaku Vice President and Medical Director International Cedars Sinai Hospital di The Westin Jakarta pada Rabu, (24/8) serta dihadiri oleh Direksi Eka Hospital, Sinar Mas serta Direksi Cedars Sinai Hospital.

Kerja sama ini dilakukan guna meningkatkan kemampuan tenaga kesehatan (nakes) Eka Hospital Group terkait penanganan kegawatdaruratan yang dilaksanakan 22-23 Agustus 2022 lalu di Eka Hospital.


Periode kerja sama antara Eka Hospital dan Cedars Sinai Hospital berlangsung selama tiga tahun. Wakil Menteri Kesehatan Republik Indonesia, dr. Dante Saksono Harbuwono, mengatakan salah satu tugas yang diamanahkan oleh Presiden Republik Indonesia kepada kementrian kesehatan adalah melakukan transformasi sistem kesehatan nasional, yang meliputi transformasi yang salah satu programnya berupa kerjasama dengan rumah sakit terbaik dunia.

Kementerian Kesehatan merasa bangga atas terjalinnya hubungan baik antara Eka Hospital dengan Cedars Sinai Hospital.


“Saya berharap dengan kerjasama ini bisa mendorong pelayanan rumah sakit Indonesia baik rumah sakit swasta maupun pemerintah, agar bisa setara dengan rumah sakit luar negeri. Tidak hanya untuk melayani pasien dalam negeri, tetapi juga menarik pasien luar negeri,” ujar Dante dalam sambutannya.

Sementara itu, drg. Rina Setiawati menjelaskan, kegiatan ini merupakan langkah awal terjalinnya kerja sama antara kedua institusi dalam bidang quality improvement dengan berbagai aspek pelayanan di rumah sakit, terutama pada Instalasi Gawat Darurat (IGD) dan penanganan pasien dalam kondisi gawat dan darurat.

“Eka Hospital ingin memberikan yang terbaik bagi Indonesia terutama dalam bidang kesehatan. Dalam kerja sama ini nantinya akan ada transfer pengetahuan dan pengalaman dari Cedars Sinai
Hospital,” ujar Rina.

Sementara itu, Managing Director Sinar Mas, Saleh Husin mengatakan, kualitas layanan Eka Hospital terus ditingkatkan seiiring dengan kemajuan teknologi kedokteran yang ada.

“Peningkatan kemampuan tenaga kesehatan harus selalu ditingkatkan, sesuai dengan perkembangan teknologi yang terjadi. Meskipun begitu sentuhan kemanusiaan juga tetap nomor satu. Kerja sama antara dua negara saya rasa penting untuk mempererat hubungan secara langsung di bidang kesehatan,” ujar Saleh Husin. (oke)