Suka Mencoba Hal Baru

Dea Alvira Nuriza

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Dea Alvira Nuriza merupakan mahasiswa yang gemar mengikuti program-program kampus. Motivasinya, agar bisa mencoba hal baru. Saat ini, Dea-sapaan akrabnya- mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Merdeka melalui Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PMM-PKBN). Dalam program itu, kegiatannya akan memfasilitasi mahasiswa lewat lima modul pelatihan.

Salah satunya adalah spesialis komunikasi yang akan langsung difasilitasi oleh para dosen fasilitator. Output dari program ini adalah mahasiswa dapat menyetarakan Satuan Kredit Semester (SKS) setara dengan 20 SKS atau satu semester perkuliahan.


Mahasiswa semester lima Fakultas Ilmu Komunikasi ini menuturkan, alasannya memilih untuk mengikuti program ini tentu karena ingin mendapatkan pengalaman dan lingkungan belajar yang berbeda dari sebelumnya. Selain itu ingin mendapatkan relasi.

“Dalam PMM kali ini saya rasa cukup berbeda, karena program ini saya dapat belajar membangun karakter dan sikap rasa kecintaan terhadap tanah air serta membentuk rasa bela negara,” ungkap Dea.


Sebagai mahasiswa Dea juga menerangkan bahwa program-program kampus seperti ini dapat membantu para mahasiswa yang memang belum terlalu aktif dalam kegiatan internal kampus, namun ingin mengembangkan bakat serta menambah pengalaman baru. Namun tentu saja, kembali lagi kepada pribadi masing-masing mahasiswa yang nantinya akan membangun value terhadap diri sendiri maupun perkuliahan.

Keputusannya untuk mengikuti program ini tak lepas dari harapannya terhadap program yang ia pilih. “Bisa menjadi pribadi yang lebih baik setelahnya, menambah kepercayaan diri, selain itu ilmu yang didapat juga bisa bermanfaat untuk kedepannya,” ungkapnya.

Selain mengikuti program PMM-PKBN, Dea juga mengikuti program lain seperti seleksi untuk perlombaan debat berbahasa Inggris pada semester lalu. Dea mengatakan, motivasinya untuk mengikuti program-program dari kampus dikarenakan ia menyukai hal-hal baru dalam hidup.

“Dapat belajar hal baru dari teman-teman berbagai universitas dan para pembimbing di sana juga merupakan motivasi baginya,” pungkasnya. (mg1)