Berita Bekasi Nomor Satu

Pendaftaran Bacaleg PAN Masuk Pemberkasan

ISTIMEWA/RADAR BEKASI ILUSTRASI : Sejumlah kader dan pengurus PAN Kabupaten Bekasi saat foto bersama. PAN Kabupaten Bekasi mulai membuka pendaftaran Bacaleg secara terbuka.

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Bekasi mulai membuka perekrutan Bakal Calon Legislatif (Caleg) secara terbuka. Dimana, partai yang dikomandoi Zulkifli Hasan ini memberikan waktu sampai akhir bulan Oktober tahun 2022, untuk semua elemen masyarakat maupun kader partai yang mau mendaftarkan diri sebagai calon wakil rakyat di Pemilu 2024.

Ketua DPD PAN Kabupaten Bekasi, Daeng Muhammad mengaku, sebenarnya perekrutan Bacaleg sudah mulai dibuka dari pertengahan tahun 2022 ini.Namun, persyaratan untuk menjadi Bacaleg belum ditentukan oleh KPU sampai hari ini. Oleh karena itu untuk sementara, dirinya meminta untuk semua yang mau mendaftar sebagai Bacaleg di partai berlambang matahari ini, menyiapkan persyaratan sederhana.

“Jadi sekarang beberapa Caleg yang sudah mendaftar, dari internal kader maupun yang dari tokoh, dipersilahkan untuk melakukan pemberkesan sederhana,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Kamis (29/9/2022).

Pemberkasan sederhana yang dimaksud seperti, fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP), ijazah, sampai mengisi formulir kesedian dengan tanda tangan materai, sambil menunggu persyaratan yang sudah ditentukan oleh KPU. Menurutnya, pendaftaran Bacaleg dengan persyaratan secara sederhana ini untuk melihat keseriusan para Caleg di partainya.

“Itu untuk menandakan keseriusannya sebagai calon legislatif di Partai Amanat Nasional (PAN). Kalau ada persyaratan yang kurang tinggal ditambah, karena sekarang kita belum tahu seperti apa,” katanya.

Sayangnya, pria yang juga sebagai Anggota DPR RI ini belum bisa memastikan sudah ada berapa yang mendaftarkan diri sebagai Bacaleg ke partai yang dipimpinnya. Namun demikian dirinya menegaskan, perekrutan Bacaleg ini sampai bulan Oktober 2022 ini.

“Kita kasih waktu sampai akhir Oktober ini semuanya. Sekarang saya belum cek, nanti di akhir bulan Oktober baru kita evaluasi. Tapi setahu saya yang mendaftar sudah banyak,” ucapnya.

Nanti, apabila sampai batas waktu yang telah ditetapkan Caleg yang mendaftar melebihi kuota, akan dilakukan seleksi internal oleh Komisi Pemenangan Pemilu Daerah (KPPD), ada penilaian kaitan dengan kinerja-kinerja Bacaleg dari Partai Amanat Nasional (PAN). Dengan dibukanya perekrutan Bacaleg secara terbuka ini diharapkan, bisa menjaring Caleg-Caleg yang berkualitas.

“Harapannya banyak yang maju sebagai calon legislatif dari berbagai latar belakang profesi, sehingga kita mampu lebih banyak melakukan seleksi, agar bisa memunculkan wakil rakyat dengan kualitas-kualitas yang terbaik,” katanya.

Pria asal Pebayuran ini memastikan, pendaftaran Bacaleg di partai yang dipimpinnya tanpa biaya. Semua prosesnya itu gratis, mulai dari pendaftaran maupun yang lain-lainnya. Tidak dibebankan biaya apapun oleh Partai Amanat Nasional (PAN). Semua operasionalnya ditampung oleh partai,” ungkapnya. (pra)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin