Wujudkan Pembelajaran Berbasis Digital di Semua Pelajaran

Ketua Forum Komunikasi MGMP dan MGBK SMP Kabupaten Bekasi Dadang Zaenal Mutakin

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Mewujudkan pembelajaran berbasis digital di semua mata pelajaran merupakan program Forum Komunikasi Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) SMP Kabupaten Bekasi.

Ketua Forum Komunikasi MGMP dan MGBK SMP Kabupaten Bekasi Dadang Zaenal Mutakin mengatakan, MGMP dan MGBK SMP Kabupaten Bekasi merupakan wadah bagi guru untuk mengembangkan inovasi, kreativitas, dan profesionalisme.


Melalui organisasi ini, guru dapat memenuhi kebutuhan informasi terhadap perkembangan mata pelajaran yang diampu. “Saat ini kami memiliki program lanjutan yaitu mewujudkan pembelajaran berbasis digital bagi seluruh mata pelajaran di tingkat SMP,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Sabtu (22/10).

Untuk mewujudkan pembelajaran berbasis digital, MGMP dan MGBK SMP Kabupaten Bekasi akan memberikan pelatihan bagi para guru yang menjadi anggota.


Dadang-sapaan akrabnya- meyakini, guru yang ingin berkembang akan mau mengikuti pelatihan yang diberikan. Dengan pembelajaran berbasis digital, guru tidak lagi menyampaikan materi kepada siswa menggunakan buku.

“Guru bisa menerangkan materi melalui power point. Dengan berbasis digital, tentu akan lebih mempermudah siswa untuk memahami materi-materi pembelajarannya,” ucapnya.

Metode pembelajaran berbasis digital tentu memiliki dampak yang besar. Antara lain, kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan kompetensi profesional guru akan meningkat.

“Proses pembelajaran juga akan berlangsung lancar dalam kondisi nyaman dan menyenangkan,” jelasnya.

Bangga Terbitkan Buku Ajar

Dadang merupakan guru SMPN 1 Tambun Utara yang cukup produktif dalam menulis. Buktinya, ia mampu menerbitkan sejumlah buku pelajaran bagi siswa SMP khusus di Bekasi.

Antara lain buku pelajaran Bahasa dan Sastra Sunda SMP dengan judul Cahaya Basa yang diterbitkan pada 1998-2006. Selanjutnya, buku pelajaran Bahasa dan Sastra Sunda SMP dengan judul Muara Basa yang diterbitkan pada 2013-2017.

Kemudian buku yang sama dengan judul yang berbeda yaitu Muara Basa yang terbit pada 2013-2017 dan buku pelajaran Bahasa dan Sastra Sunda SD dengan judul buku Sekar Basa yang diterbitkan pada 2009-2013.

“Alhamdulillah beberapa buku ajar untuk mempermudah siswa dalam proses belajar dapat diterbitkan,” kata pria yang merupakan tim penyusun buku pelajaran Bahasa dan Sastra Sunda SD di Bekasi pada 2022 ini.

Dadang merasa sangat bangga dapat menerbitkan buku ajar bagi peserta didik. Menurutnya, siswa merupakan generasi penerus bangsa yang merupakan harta terbesar yang harus dijaga dan dikembangkan. (dew)

BIODATA

Dadang Zaenal Mutakin

Lahir: Bandung, 17 Desember 1967

Riwayat Pendidikan:

– SDN Litasembada Cililin Kabupaten Bandung (1981)

– SMPN 1 Cililin Kabupaten Bandung (1984)

– SMAN 1 Cililin Kabupaten Bandung (1987)

– S1 Pendidikan Bahasa Daerah IKIP Bandung (1991)