Berita Bekasi Nomor Satu

Pertemuan Biden-Putin di G20 Bali Bakal Sulit Dicegah AS

Presiden AS, Joe Biden, bakal bertemu Vladimir Putin di KTT G20 di Bali, November mendatang (BBC)

 

RADARBEKASI.ID, AMERIKA – Amerika Serikat berusaha mencegah Presiden Joe Biden bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin saat menghadiri KTT G20 pada November nanti di Bali. Hanya saja, upaya tersebut sulit dilakukan.

Pejabat Gedung Putih sebenarnya ingin menghindarkan pertemuan Biden dan Putin. Bahkan, seperti laporan Politico, Gedung Putih tak ingin Biden dan Putin berfoto bersama. Seperti diketahui, hubungan keduanya meruncing karena konflik Rusia dan Ukraina.

Biden telah mengutuk Putin sebagai pembunuh dan penjahat perang atas invasi berkelanjutan ke Ukraina. Sementara Putin baru-baru ini mengatakan tak perlu untuk bicara dengan Biden jika bertemu di Bali.

KTT G20 akan berlangsung pada 15-16 November di Indonesia, tepatnya Bali. Biden dan Putin kemungkinan akan berada di ruangan yang sama untuk setidaknya dalam satu sesi rapat umum.

Biden dan pejabat Gedung Putih lainnya bersikeras bahwa mereka tidak memiliki niat untuk bertemu dengan Putin. “Dengar, saya tidak punya niat untuk bertemu dengannya, tetapi lihat, jika dia datang kepada saya di G20 dan berkata, ‘Saya ingin berbicara tentang pembebasan Griner,’ saya akan bertemu dengannya, tetapi itu tergantung,” kata Biden kepada CNN.

Sekretaris Gedung Putih Karine Jean-Pierre kemudian menekankan bahwa Gedung Putih tidak berniat Biden bertemu dengan Putin. Dia menambahkan bahwa tidak ada pembaruan mengenai pertemuan potensial untuk membahas Griner. “Dia tidak berniat bertemu dengan Vladimir Putin,” kata Karine.

Menjelang KTT G20 di Bali, pasukan Rusia masih menyerang Ukraina. Sementara pasukan Ukraina terus membuat kemajuan di lapangan. (jpc)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin