Berita Bekasi Nomor Satu

Begini Cara Mahasiswa Asal Bekasi Rayakan Sumpah Pemuda di Rusia

Faiz Arsyad (tengah) bersama warga di Rusia yang mempelajari Bahasa Indonesia.

 

RADARBEKASI.ID, RUSIA – Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober hari ini turut dirayakan pelajar dan mahasiswa Indonesia di luar negeri. Salah satunya Faiz Arsyad, mahasiswa S2 di Rusia.

Pemuda asal Bekasi yang tengah menimba ilmu di HSE University Rusia, ini merayakannya bersama-sama dengan pelajar dari bangsa lain. Mereka adalah mitra-mitranya dalam mempelajari Bahasa Indonesia.

“Biasanya setiap dua minggu sekali saya sharing dan membuka konsultasi untuk mahasiswa asing yang sedang belajar Bahasa Indonesia di Rusia,” ungkap Faiz.

Menurutnya, melestarikan bahasa Indonesia di negeri orang bagi pemuda, pelajar maupun mahasiswa Indonesia di luar negeri merupakan  salah satu wujud konkret pemuda milenial merayakan Sumpah Pemuda.

“Bagi saya, Hari Sumpah Pemuda adalah salah satu hari yang sangat penting untuk menunjukkan dan memberikan karya serta kontribusi terbaik bagi bangsa dan negara di berbagai sektor. Saya memilih melestarikan Bahasa Indonesia di Rusia ini dengan mengenalkannya ke warga negara asing,” imbuhnya.

Uniknya, sambung dia, bukan hanya warga negara Rusia saja yang mempelajari Bahasa Indonesia. “Ada yang dari Korea, Armenia, dan lain-lain. Sebagian besar dari mereka belajar di Moscow State University, Universitas terbaik di Rusia. Insya Allah hari ini kami juga akan bertemu kembali, tepat di tanggal 28 Oktober,” ungkap Faiz.

Ada banyak alasan mereka mempelajari Bahasa Indonesia. “Ada yang ingin berbisnis di Indonesia, ada yang ingin tinggal menetap di Bali, dan lain-lain,” imbuhnya.

Dia berharap semakin banyak lagi Warga Negara Asing yang mempelajari Bahasa Indonesia. Sehingga Bahasa Indonesia dapat semakin mendunia dan dikenal masyarakat global. (zar)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin