Berita Bekasi Nomor Satu

DPRD Imbau Pengawasan Obat Sirup Diperketat

Illustrasi : Sejumlah ASN berada di lapangan Kantor Bupati Bekasi, di Desa Sukamahi, Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Selasa (23/8). ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Dewan Perwakilan Daerah Rakyat (DPRD) Kabupaten Bekasi, menyarankan agar Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bekasi memperketat pengawasan terhadap obat sirup yang dilarang dijual di apotek maupun toko obat.

Walaupun sudah ada surat edaran dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang memperbolehkan beberapa obat sirup diperjual belikan, namun dua anak di Kabupaten Bekasi, sudah menjadi korban gagal ginjal akut.

“Pengawasan di lapangan harus diperketat,” ujar Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bekasi, Mohammad Nuh, kepada Radar Bekasi, Minggu (30/10).

Sebelum adanya korban, dirinya telah menghubungi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, bahwa pegangan untuk mengantisipasi penjualan obat sirup berdasarkan seruan dari Kemenkes, harus memberikan sosialisasi ke rumah sakit, klinik maupun dokter, untuk menghindari penggunaan atau resep kepada pasien yang berkaitan dengan obat sirup.

Nuh menilai, sejauh ini surat edaran tersebut sudah dijalankan oleh Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Bekasi. Namun demikian, pengawasan di lapangan harus tetap dilakukan.

Untuk sekarang, lebih baik menghindari perdebatan-perdebatan mengenai obat-obatan yang dilarang disebarkan.

“Saat ini jangan terlibat dalam perdebatan-perdebatan, dan untuk sementara, biarkan masyarakat ditenangkan dulu, hindari obat-obat sirup. Sambil para ahli melakukan penelitian,” saran Nuh.

Dua dari lima anak di Kabupaten Bekasi, yang sebelumnya terdeteksi mengalami gagal ginjal akut, meninggal dunia saat menjalani perawatan di RSCM. Kedua anak tersebut, berasal dari Kecamatan Tarumajaya dan Tambun Selatan. Sementara, satu anak yang berasal dari Cibarusah, harus menjalani perawatan di RSCM. Kemudian untuk dua orang anak lainnya, dipastikan meninggal bukan karena penyakit gagal ginjal akut. (pra)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin