Berita Bekasi Nomor Satu

Mahasiswa Fikom Universitas Mercu Buana Sukses Gelar mindWEALTH Games

Panitia, fasilitator, dan mentor acara mindWEALTH Games foto bersaama. FOTO: DOKUMENTASI UMB

 

RADARBEKASI.ID, BEKASIMahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Jurusan Public Relations Universitas Mercu Buana bekerjasama dengan New Univision FinPreneur Academy telah sukses menyelenggarakan event board game mindWEALTH Games, Sabtu (12/10).

Kegiatan bertajuk “Smart Communication For Smart Spending” ini juga diadakan mini Talkshow yang dibawakan oleh Ilyas Prasetya dan Limhot Situmorang sebagai acara awarding sekaligus penyampaian materi mengenai komunikasi negosiasi tentang bagaimana menjadi seorang negosiator yang baik dan faktor apa saja yang bisa mempengaruhi negosiasi seseorang dan sebagainya.

Kegiatan MindWEALTH Games tersebut dihadiri oleh 35 peserta yang berasal dari latar belakang berbeda-beda. Bukan hanya mahasiswa namun banyak juga dari mereka yang sudah bekerja.

BACA JUGA: Mahasiswa Fikom Universitas Mercu Buana Beri Pelatihan Literasi Digital bagi Siswa  

Kegiatan ini dihadiri para mentor dan fasilitator dari MindWEALTH Games yang membantu berjalannya acara games ini. Selain itu dihadiri oleh Sekretaris Progam Studi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana Tri Diah Cahyowati dan dosen mata kuliah Event Management  Universitas Mercu Buana Alifiah Ghaniyyu Widyaningrum. Acara ini dimulai pukul 09.00 WIB sampai 16.30 WIB.

Peserta mengikuti mindWEALTH Games. FOTO: DOKUMENTASI MAHASISWA UMB

Rangkaian dari acara MindWEALTH Games dan mini Talkshow tersebut diantaranya sambutan oleh Sekretaris Program Studi PR, Ketua Pelaksana dan Educator dari acara MindWEALTH Games ini. Dilanjut dengan pemberian plakat, pengenalan mentor dan fasilitator, penjelasan MindWEALTH Games dan rules permainan, MindWealth Games Round ke-1 & 2, Edukasi MindWEALTH Games, Sharing AHA, mini Talkshow Komunikasi Negosiasi, dan penyerahan hadiah kepada para pemenang.

BACA JUGA: Mahasiswa Fikom Mercu Buana Ajarkan Budaya 5S lewat Bermain Peran

Tujuan dan manfaat dari games ini adalah untuk memberikan pemahaman dan pembelajaran tentang financial awareness dan business awareness dengan sebuah simulasi pengalaman kehidupan yang menggabungkan teknologi pikiran (mind technology) dan literasi finansial (financial literacy) dalam bentuk papan permainan (board game), serta mengajarkan bagaimana cara berkomunikasi negosiasi yang baik juga dalam mendukung finansial melalui sebuah pola pikir yang bisa mempengaruhi keputusan yang diambil oleh masing-masing pemain satu sama lain sehingga dapat membuat hidup seseorang menjadi sejahtera.

Harapannya, ilmu yang disampaikan melalui MindWEALTH Games ini bisa diterima dengan baik kepada partisipan dan bisa diterapkan di dalam kehidupan masing-masing.

Salah satu peserta MindWEALTH Games Universitas Mercu Buana Mila mengungkapkan, keseruannya mengikuti kegiatan ini.

“Seru banget, pengalamannya bisa jadi kenal lebih banyak orang dari berbagai kalangan umur dan profesi pekerjaan. Yang kedua, dari games ini kita jadi lebih aware lagi mengenai masalah finansial. Pokoknya dari game ini juga dapet ilmu dan kata-kata finansial yang jarang didengar bagi orang awam seperti active income, pasif income, cash flow, dan pay day. Dari games ini pun juga kita belajar bahwa betapa pentingnya komunikasi dalam hal yang menyangkut finansial seperti motivasi dari orang sekitar, negosiasi dengan teman atau kerabat. Dari sini juga aku belajar kalau tidak menyepelekan peluang yang ada karena itu memengaruhi keadaan financial kita,” ungkapnya. (*)

 

 

 

 

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin