Begal Senegal, Inggris ke Perempat Final, Harry Kane Toreh Rekor

Penyerang Inggris Harry Kane dikawal bek Senegal Kalidou Koulibaly pada babak 16 besar Piala Dunia 2022. (Pablo Porciuncula/AFP )

RADARBEKASI.ID, DOHA – Harry Kane memuji ketenangan Inggris sehingga mampu lolos ke perempat final Piala Dunia Qatar 2022.

Dalam laga ini, Kane mencetak gol pertamanya pada Piala Dunia 2022. Dia membantu Inggris membekap Senegal dengan skor telak 3-0 pada laga 16 besar, Senin dini hari WIB.


Untuk kali pertama, Inggris memenangkan pertandingan fase gugur dalam tiga turnamen besar berturut-turut. Inggris akan melawan juara bertahan Prancis dalam duel perempat final Sabtu (10/12/2022) pekan ini.

“Pertandingan knockout tidak pernah mudah. Kami menunjukkan kedewasaan yang luar biasa,” kata Kane kepada ITV setelah terpaut satu gol dari rekor 53 gol Wayne Rooney untuk Inggris.


BACA JUGA: Three Lions Jangan Remehkan Senegal

“Sejak awal, mentalitas berada di puncak dan kami berhasil memanfaatkan peluang kami begitu peluang-peluang itu muncul,” tambah Kane.

Dengan satu gol di Piala Dunia Qatar 2022, Kane mencatat rekor besar bagi Inggris. Saat ini, dia mencatat 11 gol pada turnamen mayor.

Itu terdiri atas 7 gol pada Piala Dunia dan 4 gol di Euro. Kane melewati catatan Gary Lineker sebagai pencetak gol terbanyak Inggris pada turnamen besar.

BACA JUGA: Bagan Terbaru Piala Dunia 2022, Ini Kata FIFA

Pada usia 29 tahun, Kane adalah salah satu pemain senior dalam skuad Gareth Southgate. Dia berada di tengah pemain-pemain muda seperti Jude Bellingham, Phil Foden, dan Bukayo Saka.

Saka mencetak gol ketiganya dalam turnamen tersebut. Sementara itu Foden memberikan dua assist. Sedangkan Bellingham sangat terlibat dalam dua gol pembuka.

“Ketiganya memiliki peran besar dalam mencetak gol. Kami kini memiliki perpaduan hebat antara pemain muda dan berpengalaman,” tambah Kane seperti dikutip AFP.

BACA JUGA: Daftar dan Jadwal Pertandingan 16 Besar Piala Dunia 2022

“Selama bertahun-tahun tidak mudah bagi Inggris, jadi untuk menang 3-0 itu sungguh malam yang luar biasa,” ucap Kane.

Prancis akan menjadi ujian lebih berat bagi harapan Inggris dalam menjuarai turnamen besar pertama sejak 1966.

Kylian Mbappe tampil memukau untuk Les Bleus saat mencetak dua gol ketika Prancis mengalahkan Polandia 3-1.

“Kami akan menikmati yang satu ini tetapi kemudian fokus kami beralih kepada hal itu, laga (melawan Prancis) tersebut akan menjadi pertandingan yang sangat berat,” kata Kane. “Mereka tim juara bertahan tapi ini pertarungan yang bagus,” imbuhnya. (jpc)