Berita Bekasi Nomor Satu

Berani Lawan Rusia, Zelensky Dinobatkan Person of The Year

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. (AFP)

RADARBEKASI.ID, AMERIKA SERIKAT – Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dinobatkan sebagai Person of The Year 2022 oleh majalah TIME. Penghargaan diberikan kepada acara atau orang yang dianggap memiliki pengaruh paling besar pada acara global selama 12 bulan terakhir.

Ia dianggap paling berpengaruh dalam mengobarkan semangat mempertahankan negara dari serangan Rusia. Finalis lainnya termasuk pengunjuk rasa di Iran, pemimpin Tiongkok Xi Jinping dan Mahkamah Agung AS.

Editor majalah itu mengatakan keputusan itu adalah yang paling jelas dalam ingatan. “Adanya perpecahan, dan ada kebersamaan di seluruh negeri ini,” tulis Editor Edward Felsenthal seperti dilansir dari BBC, Kamis (8/12)/2022.

Dia menambahkan bahwa semangat Ukraina mengacu pada warga Ukraina di seluruh dunia, termasuk banyak orang yang berjuang di balik layar. Ini termasuk orang-orang seperti Ievgen Klopotenko, seorang koki yang menyediakan ribuan makanan gratis untuk orang Ukraina dan petugas medis Yuliia Payevska yang ditangkap, kemudian dibebaskan setelah tiga bulan ditahan di Rusia.

Majalah itu mengatakan Zelensky telah menginspirasi warga Ukraina dan diakui secara internasional atas keberaniannya melawan invasi Rusia. “Kesuksesan Zelensky sebagai pemimpin masa perang bergantung pada fakta bahwa keberanian itu menular,” katanya.

Ahli bedah trauma Inggris David Nott, yang pergi ke Ukraina untuk membantu mereka yang terluka dalam perang, adalah salah satu dari beberapa orang yang tampil di sampul majalah. Perempuan di Iran adalah Hero of The Year tahun 2022 dari Time dan band K-pop Blackpink diakui sebagai Entertainer of The Year dari Time. Aktris Malaysia Michelle Yeoh adalah Icon Of The Year.

Elon Musk yang menjadi pemenang tahun lalu kembali tercatat sebagai finalis. Pada tahun 2021, perusahaan mobil listriknya, Tesla, menjadi pembuat mobil paling berharga di dunia.

Pemenang sebelumnya lainnya termasuk mantan diktator Jerman, Adolf Hitler pada tahun 1938, dan Presiden Rusia Vladimir Putin, yang merupakan Person of the Year tahun 2007.

Pemenang sebelumnya selama dekade terakhir
2021 – Elon Musk
2020 – Joe Biden dan Kamala Harris
2019 – Greta Thunberg
2018 – “The Guardians”, sekelompok jurnalis termasuk Jamal Khashoggi
2017 – “The silence breaker”, para wanita yang memulai gerakan #MeToo
2016 – Donald Trump
2015 – Angela Merkel
2014 – “Pejuang Ebola”, petugas medis yang berjuang untuk menahan wabah di Afrika
2013 – Paus Fransiskus
2012 – Barack Obama. (jpc)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin