Berita Bekasi Nomor Satu

Jumlah Penumpang Naik 20 Persen

CARI BUS: Penumpang mencari bus yang akan ditumpanginya di Terminal Induk Bekasi, Kamis (22/12). H-3 jelang Natal terminal Bekasi mengalami lonjakan penumpang 20 persen dari biasanya. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Terminal Induk Kota Bekasi nampak sudah mulai ramai oleh penumpang dengan tujuan berbagai daerah di Indonesia.Calon penumpang memanfaatkan momentum akhir tahun untuk pulang ke kampung halaman setelah anak-anak mereka libur sekolah, dan ancaman Covid-19 sudah mereda.

Kepala Terminal Induk Bekasi, Hermawan, memastikan seluruh petugas dan perusahaan otobus sudah siap untuk melayani calon penumpang ke berbagai daerah. Diketahui, bus yang berangkat dari terminal induk ini melayani penumpang ke beberapa wilayah di dalam provinsi, dan luar provinsi seperti Jawa Tengah, Banten, dan Sumatera.

Peningkatan jumlah penumpang terpantau tiga hari terakhir. Mayoritas penumpang berangkat ke beberapa wilayah di Jawa Tengah. Sedangkan penumpang yang akan berangkat dengan tujuan luar pulau Jawa masih relatif normal.

“Paling tidak dari hari Selasa, Rabu, ada peningkatan sekitar 20 persen untuk penumpang di terminal ini,” ungkapnya, Kamis (22/12).

Puncak lonjakan penumpang diprediksi terjadi pada hari ini, Jumat (23/12) dan Sabtu (24/12). Bus yang tersedia untuk melayani calon penumpang masing-masing 185 bus AKDP, dan 85 bus AKAP, ditambah 50 bus cadangan.

Di puncak pergerakan masyarakat hari ini dan besok, lajur bus di terminal induk Bekasi diprioritaskan untuk bus yang melayani penumpang pada masa Nataru.

“Untuk prediksi tanggal 23, 24 itu kemungkinan ada lonjakan. Pertama mungkin kaitan dengan libur sekolah, selain Natal dan Tahun Baru,” tambahnya.

Salah satu penumpang, Boni mengaku momentum akhir tahun ini ia gunakan untuk mudik ke kampung halaman di Padang bersama dengan keluarga. Ia bertolak dari Terminal Bekasi menggunakan kendaraan umum kemarin, karena anak-anaknya telah memasuki masa libur sekolah.

“Pas momen aja, sudah libur sekolah, Covid sudah berkurang. Kalau kemarin terhalang Covid berapa tahun itu,” ungkapnya.

Boni menghindari akhir pekan, ia khawatir pada akhir pekan penumpang lebih ramai. Ia dan keluarga akan menghabiskan waktu sampai awal tahun 2023 di Padang.

Pos Pengamanan (Pospam) dan Pos Pelayanan (Posyan) kemarin sudah aktif beroperasi, total ada 8 Pospam dan 2 Posyan yang beroperasi selama Nataru.

“Semua persiapan mulai dari personel, sampai dengan kelengkapan, baik pada pos pengamanan maupun pos pelayanan secara keseluruhan sudah siap,” kata Wakapolres Metro Bekasi Kota, AKBP Rama Samtama Putra usai melakukan pemeriksaan di beberapa titik pos. (sur)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin